7 Cara Agar Tubuh Tetap Sehat & Fit di Musim Hujan

0

Bagi semua orang, hujan membawa berkah tersendiri. Hujan membawa kesuburan, ia mampu menciptakan kehidupan. Bagi petani, hujan menjadi pengharap di mana para petani itu akan mendapatkan keuntungan dari hasil panennya.

Bagi penyair, hujan menjadi inspirasi untuk menciptakan puisi-puisi yang indah. Bagi pasangan pasutri, hujan menjadikan momen keduanya untuk bercinta, memupuk rasa cinta saling bersama.

Maka gak heran, kalau banyak orang suka akan kehadiran hujan. Musim penghujan kemudian disambut penuh suka cita, dengan puisi, dan dengan doa.

Namun begitu, hujan kenyataannya juga cukup membawa petaka. Segala kebajikan yang muncul di musim penghujan ternyata harus diterima dengan sepaket berpotensinnya terkena penyakit. Mulai dari penyakit pilek, flu, hingga berbagai penyakit lain yang sering muncul di musim penghujan.

Agar kalian tidak sakit-sakitan dalam menghadapi musim penghujan, ada beberapa tips yang perlu kalian lakukan. Apa saja tips-tips itu? Berikut tips yang bisa kita lakukan supaya kesehatan kita bisa terjaga di musim penghujan.

Perbanyak Vitamin C

Pada saat musim penghujan datang, tubuh rawan terkena virus karena sistem imunitas tubuh tidak berjalan dengan baik. Karena itulah, sangat diperlukan sekali untuk memperbanyak vitamin C.

Vitamin C menjadi suplemen yang sangat baik bagi tubuh. Selain mampu menjadikan suplemen yang baik bagi tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Tips Menghadapi Musim Penghujan – Bawa Bekal Ini Jika Tak Mau Celaka

Segera Mandi Setelah Terkena Air Hujan

Ini mungkin tips yang kedengarannya aneh. Namun kenyataannya, banyak ahli merekomendasikan untuk melakukan hal ini. Selain untuk menghilangkan berbagai kuman penyakit, mandi setelah terkena guyuran hujan juga efektif untuk menstabilkan suhu tubuh. Jadi dijamin deh, kalian tidak mudah meriang kendatipun sering hujan-hujanan.

Jangan Menyandarkan Tubuh di Dinding yang Berhawa Lembab

Musim penghujan mengakibatkan dinding di sekitar kita menjadi lembab dan basah, sebab air hujan banyak merembes ke permukaan dinding. Oleh karena itu, kalian sangat disarankan sekali untuk menjauhi dinding yang lembab. Sebab dinding dengan kondisi basah menjadi tempat favorit tumbuhnya jamur yang tidak baik bagi kesehatanmu.

Pakailah Pakaian Hangat

Saat musim penghujan, suhu lingkungan sangat dingin. Agar tubuhmu hangat gunakanlah pakaian yang tebal. Salah satu pakaian yang sudah sangat dipercaya untuk menghangatkan tubuh yaitu jaket, sweater, maupun baju flanel. Pakaian tersebut sangat ampuh untuk mengurangi suhu dingin akibat musim penghujan.

Baca Juga : 7 Penyakit Yang Mengancam di Musim Penghujan

Konsumsi Minuman Hangat

Saat musim penghujan datang, kalian sangat disarankan sekali untuk memperbanyak konsumsi minuman hangat. Beberapa minuman yang dipercaya sangat ampuh untuk menghangatkan badan yaitu jahe, temulawak, kopi, dan teh panas.

Menghindari Minum Es

Kendati dahagamu sedang haus-hausnya, tahan nafsumu agar tidak minum es di musim penghujan. Minum es di musim penghujan sangat tidak baik untuk kesehatan.

Tubuh pringsang, hidung flu, bersin-bersin, dan sangat tidak baik sekali untuk kesehatan. Jadi sangat tidak disarankan sekali untuk meminum es ketika musim penghujan datang.

Selalu Sediakan Jas Hujan Saat Hendak Bepergian

Janganlah lupa untuk selalu membawa jas hujan ketika hendak bepergian. Jas hujan ini bisa kalian bawa dan letakan di jok motor, atau di bawa melalaui tas milikmu.

Bagi yang tidak terlalu nyaman membawa barang-barang berat jangan khawatir. Sekarang sudah banyak jas hujan yang tidak ribet dan praktis untuk di bawa. Nah, itulah beberapa tips yang patut kalian lakukan di musim penghujan ini.

 

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.