Jasa Epoxy Lantai

Sisi Lain Meme Tuman Viral, Potret Budaya Masyarakat Indonesia

0

Koleksi meme tuman belakangan ini sedang banyak diburu oleh para Netizen di seluruh Indonesia. Meme tuman versi santri, meme tuman versi dewasa, meme tuman versi anak-anak, hingga meme Tuman versi otomotif bertebaran banyak di internet. Meme kepala botak dua orang yang sedang menampar lawan bicaranya itu membuat Netizen banyak bertanya-tanya. Apa itu sih sebetulnya arti kata Tuman sendiri?

Apa Arti Kata Tuman ?

Arti kata Tuman sendiri diadopsi dari bahasa Jawa, dan Sunda. Secara semantis, tuman diartikan sebagai kebiasaan buruk yang dilakukan berulang-ulang. Kebiasaan buruk yang sampai merugikan orang lain ini kerap tidak disadari dilakukan oleh pelakunya sendiri. Orang yang melakukan kebiasaan buruk itu tidak sadar dirinya salah, sehingga digelari sebagai tuman.

Sebetulnya, ada sisi lain meme Tuman kalau kita perhatikan. Meme Tuman sendiri sebetulanya adalah sebuah kritik keras bagi sebagian orang Indonesia yang tidak terlalu bertanggung jawab dalam banyak hal. Ketidak tanggung jawaban ini dalam budaya Jawa sering disebut dengan tuman.

Ada banyak sekali ke-tumanan yang tidak disadari oleh masyarakat Indonesia. Berikut beberapa ke-tumanan yang sering kita lakukan.

Tuman Membunyikan Klakson Saat Macet

Sudah tahu jalanan sedang macet, eh, main pencat-pencet klakson aja. Tindakan nyebelin semacam ini tentu saja bikin pengemudi di depannya dongkol lha ya. Pengemudi di depan, yang secara langsung mendengar bunyi klakson di belakanggnya tentu saja kaget.

Tuman membunyikan klakson saat macet ini sudah menjadi kebiasaan buruk yang tidak disadari oleh masyarakat Indonesia. Kenapa kok kebiasaan buruk? Ya tentu saja membunyikan klakson itu kebiasaan buruk, dengan membunyikan klakson saat macet, otomatis pengemudi lainnya jadi tak fokus. Tuman tenan pokoke.

Tuman Membuang Sampah Sembarangan

Ngomong sampai berbusa kalau kebersihan sedari iman, tapi saat membuang sampah, kok tidak pada tempatnya, sampahnya dibuang sembarangan. Kebiasaan yang tuman ini sudah lazim dilakukan masyarakat Indonesia.

Makannya gak heran, tiap ada acara wisuda, pengajian, seminar, lokakarya, selalu saja tempat yang dipakai itu meninggalkan sampah berserakan. Kultur membuang sampah sembarangan yang semacam ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Gak heran, ada banyak sungai di Indonesia yang meluap dan banjir akibat tumpukan sampah yang dibuang di sungai. Tuman tenan lah pokoke.

Tuman Menyontek Jawaban Ujian

Tidak anak sekolah, mahasiswa, hingga para calon PNS tuman melakukan contek-menyontek jawaban. Ketumanan yang semacam ini bahkan sudah sering dilakakun, seperti sudah menjadi kebiasaan.

Sudah berapa puluhan orang yang ketangkap jadi joki ujian CPNS? Sudah berapa banyak orang yang tertangkap jadi joki ujian SBMPTN? Sudah banyak sekali. Mirisnya, ketumanan dalam dunia contek-mencontek ini sudah menjadi suatu kebiasaan yang lumrah. Tidak apa-apa orang menyontek, tidak apa-apa menyontek asal tidak berisik. Itulah beberapa kata-kata yang sering dilontarkan guru pada muridnya.

Tuman Pungli di Banyak Instansi

Sudah banyak pasal anti grasifitasi ditetapkan. Tapi tetap saja budaya pungli sudah menjadi ketumanan  dalam masyarakat kita. Kalimat “wani piro” bahkan seperti sudah melekat betul dalam budaya kita, dimana segala sesuatu kemudian diukur dengan uang, uang, dan uang.

Tuman pungli ini kemudian yang banyak membuat aset negara kita hilang. Aset negara yang seharusnya berguna untuk memakmurkan masyarakat kemudian jatuh ke segelintir perut elit. Nah, itulah beberapa sisi lain dari viralnya meme Tuman yang sebetulnya sangat pas menggambarkan budaya masyarakat Indonesia. Jangan sampai kalian dilabeli Tuman sama orang lain ya.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.