Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Kemiskinan Diumur Tua

0

Kebiasaan buruk, berkaitan dengan pengaturan uang ketika muda Akan menyebabkan hidup kita jadi tertatih – tatih lho, terutama ketika kita memasuki usia tua. Malahan banyak, para generasi tua yang jatuh miskin semiskin – miskinnya, sebab ketika mudah tidak bisa mengelola keuangannya.

Oleh karena itu, penting sekali kalian menghindari kebiasaan – kebiasaan buruk, yang sekirangnya bisa menghambat keuangan kalian. Berikut beberapa kebiasaan – kebiasaan buruk tersebut yang tak boleh kalian lakukan, ketika berada pada usia muda.

Bergaya Bak Sosialita

Kebiasaan buruk pertama, yang sering dilakukan pada saat usia muda yaitu kerap kali bergaya sosialita. Padahal kerap bergaya sosialita ini akan memicu kita hidup menjadi lebih konsumtif. Orang yang kerap kali bersifat konsumtif biasannya tak segan – segan untuk membeli suatu outfit berharga ratusan juta. Padahal dari segi fungsionalitasan itu, outfit yang dibeli dengan harga mahal hanya untuk bergaya – gaya saja. Bukan untuk keperluan suatu hal yang produktif.

Jika hal ini terus dilakukan, ujung – ujungnya keuanganmu akan habis dibelikan untuk keperluan gaya – gayaan itu. Apalagi pendapatan yang kamu dapatkan tak lebih kecil dari pengeluaranmu. Wahh, bisa – bisa kamu cepat jatuh miskin kalau terus – terusan bergaya sosialita begitu.

Gak Menabung

Tak sedikit anak muda tak paham betul, bahwa menabung itu ternyata penting buat masa depannya. Bahkan banyak anak yang muda yang menunda – nunda. “Nabung ya nanti kalau udah tua saja”. Begitulah katanya.

Duh, coba mulai sekarang kamu hilangin deh maindset kalau nabung harus nunggu tua dulu. Kalau maindset seperti itu terus kamu pupuk dalam jiwamu, yang ada kamu bakalan susah saat tua nanti.

Ingat sebuah pepatah bijak. Menyisihkan uang sedikit demi sedikit setiap bulannya. Lama – lama akan menjadi bukit lho ya, alias bisa membuat orang menjadi kaya.

Makannya kalau nabung jangan ditunda – tunda. Mumpung masih muda, menabunglah yang giat.

Gak Investasi

Hari gini kok gak nanam investasi. Bakalan ketinggalan jaman kita. Padahal nih ya, dengan rajin berinvestasi, kita bisa terhindar dari kehidupan susah di masa tua nanti.

Ada banyak kok jenis – jenis investasi yang bisa dipilih. Mulai dari reksadana, investasi emas, dan berinvestasi di pasar saham bisa kita lakukan. Meskipun investasi yang kalian jalankan kecil – kecilan. Jika kalian menjalankannya dengan penuh istiqomah dan keseriusan. Investasi yang kecil itu bisa jadi akan membuahkan sebuah profit yang menguntungkan.

Gak Bijaksana Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang menjadi kesenangan dan kepuasan tersendiri. Dengan menggunakan kartu sakti ini, kita bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli barang – barang apapun yang kita sukai.

Tapi awas lho, jangan asal – asalan menggunakan kartu kredit, mylove ~. Sebab penggunaan kartu kredit yang tak bijaksana, akan membuat hutangmu ke bank semakin membebani keuanganmu saja. Gak jarang juga kan, ada nasabah yang rumahnya tersita, hanya karena tak sanggup membayar tunggakan – tunggakan kartu kredit yang telah ia gunakan semaunya.

Kebiasaan Berutang Pada Seseorang

Jadi ceritanya kamu pingin beli smartphone baru, tapi kamu gak punya uang nih ? Berhutang memang bisa jadi memberi solusi jitu, agar kamu bisa membayar smartphone yang kamu idam – idamkan dengan dana utang itu.

Tapi tahukah ? Kalau kebiasaan berutang itu tidak baik ? Apalagi berutangnya pada rentenir. Utang direntenir biasanya disertai sebuah bunga, bunga untang sendiri tergolong cukup besar. Bunga utang bahkan bisa 20 persennya, dari jumlah uang yang kalian utangkan. Hiii… ngeri banget ya, kalau kamu gak bisa mbayar utang itu.

Makannya, sebisa mungkin kalian hindari melakukan utang. Kalau mau beli sesuatu, tapi uang gakda. Jangan dipaksakan buat ngutang. Beli barangnya tunggu saja nanti kalau rejeki datang menghampirimu.

Sifat Konsumtif

Sudah punya motor Vixion yang bagusnya tiada tanding kok, ingin beli lagi motor Yahama Nmax. Itu namanya perilaku yang konsumtif bro. Perilaku konsumtif ini bisa membuat kamu kehilangan harta benda di usia tua, jika kebiasaan buruk ini sering dilakukan.

Kebiasaan konsumtif jelas harus dihindari. Kalau perlu ditinggalkan, pastikanlah membeli sesuatu harus berdasarkan dengan fungsionalitasnya, dan kebutuhannya sendiri buat apa. Kalau kebutuhan sudah terpenuhi, tidak perlu membeli perabotan atau barang – barang yang sifatnya kebutuhan konsumtif.

Tidak Bekerja di Usia Muda

Usia muda adalah usia yang amat produktif. Bahkan puncaknya karir seseorang sering kali diukur dari masa mudanya dihabiskan untuk apa. Jika masa muda dihabiskan hanya untuk bermain dan kluyuran tidak jelas. Bisa dipastikan, masa tuanya akan kehilangan banyak harta.

Makannya itu, supaya saat tua kita bisa mendapatkan kekayaan yang cukup untuk masa tua. Kita perlu sekali bekerja keras pada usia muda. Kerja keras pada usia muda ini akan membuat kita lebih siap, akan kemungkinan – kemungkinan terburuk yang datang pada saat tua nanti. Saat usia tua, kita tahu kan kalau usia – usia tersebut rawan sekali diri kita terkena penyakit.

Kadang juga diperlukan dana yang besar, untuk berobat ketika masa – masa kita mengalami sakit. Nah dana – dana untuk berobat itu bisa kalian tutup, jika kamu dari muda sudah giat dalam bekerja.

Tidak Membangun Relasi yang Kuat Dengan Rekan Kerja

Tidak adanya relasi yang kuat dengan partner kerja, atau partner bisnis bisa menjadi penyebab utama, mengapa kita bisa jatuh miskin lho. Padahal kehadiran relasi yang kuat itu bisa membantu kita saat sedang kesusahan.

Saat kita sedang jatuh sakit. Tapi disisi lain kita punya banyak relasi, kita bisa meminta bantuan relasi kita untuk membantu penyembuhan penyakit kita. Bantuannya pun bermacam – macam, bisa berupa uang, dukungan moril, hingga tiket pengobatan gratis, yang diberikan oleh relasi kita.

Makannya itu, membangun relasi kerja ini sangat diperlukan sekali. Dengan begitu, saat ada kekusahan menimpa kita, bantuan relasi bisa kita dapatkan untuk keluar dari segala kesusahan itu.

Tidak Terjun Memainkan Ekonomi Pasif Income

Kendati saat muda kita bisa giat dalam bekerja, sebab tenaga masih banyak untuk kita keluarkan. Bukan berati ketika tua, kita bisa tetap mempertahankan tenaga yang kita punyai itu. Tenaga bisa saja habis seketika saat umur seseorang sudah menua.

Umur yang semakin menua ini tentu saja berkelindan dengan besaran pendapatan nantinya. Pendapatan akan menurun, siring dengan tenaga manusia yang sudah habis masa pakainya.

Tapi ketika kalian bekerja untuk membangun pasive income. Usia sudah tua pun, kalian akan tetap bisa mendapatkan pundi – pundi uang dengan gampang. Salah satu usaha pasif income yaitu jasa penyewaan kos, jasa penyewaan apartemen, jasa penyewaan kios, jasa penyewaan koputer, jasa penyewaan LCD, dan jasa penyewaan – penyewaan lainnya, yang bisa menghasilkan sebuah pasif income.

Jadi mudah sekali bukan, cara – cara jitu supaya kita tidak jatuh miskin saat usia tua. Ada banyak hal yang perlu dikerjakan, supaya kita bisa mempertahankan harta yang kita miliki.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.