Inilah Beberapa Hal Kecil Yang Berdampak Besar Bagi Perkembangan Bisnis

0

Berbisnis memang banyak kelebihanya. Jika dibandingkan dengan kerja bersama orang, berbisnis lebih punya fleksibilitas waktu yang jauh lebih baik. Kalau Anda kerja bersama orang, Anda akan berhadapan dengan kerja lembur yang memuakan.

Jadi berbisnis lebih memiliki fleksibilitas waktu yang lebih baik, jika dibandingkan dengan berkerja bersama orang.

Kendati demikian, berbisnis  memiliki kelamahan. Salah satu kelemahan dari kegiatan berbisnis yaitu manajemen waktu yang kurang teratur.

Situasi bisnis yang sedemikian bebas. Membuat para pebinis kadang males-malesan. Ah entar saja lah, bisnisnya libur dulu ah begitu seterusnya sampai bisnis kadang suka mandeg.

Kendala-kendala bisnis seperti itu menjadi momok yang sangat menakutkan. Tapi tenang, ada beberapa solusi agar kegiatan bisnis bisa berjalan lebih lancar. Berikut beberapa Hal Sepele Yang Berdampak Besar Bagi Perkembangan Bisnis yang Anda jalankan.

Buatlah Jadwal Reminder

Fungsi smartphone tidak hanya untuk main game dan bermain sosmed saja. Smartphone juga sangat useable buat keperluan bisnis.

Bagi Anda yang saat ini kesulitan banget buat membagi waktu antara kegiatan berbisnis dan kegiatan kepribadian. Cobalah Anda buat jadwal pengingat kapan harus berbisnis dan kapan harus melakukan aktivitas pribadi.

Cobalah Anda buka aplikasi reminder di Smartphone. Lewat aplikasi tersebut buatlah beberapa catatan-catatan penting seperti durasi bisnis, jadwal bertemu klien, jadwal meeting, maupun jadwal evaluasi bisnis.

Agar pembuatan jadwal bisa berjalan dengan lancar dan cocok dengan aktivitas Anda. Anda perlu membuat riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Cara riset misalnya dengan melakukan aktivitas bisnis tiga hari baru dibuat jadwal. Dengan melakukan riset kecil-kecilan semacam itu, jadwal reminder bisnis Anda akan berjalan dengan tepat.

Ciptakanlah Kantor yang Nyaman

Jika Anda membuka bisnis sekala rumahan, dan memaksakan Anda untuk berkator di area rumah. Cobalah Anda buat rumah Anda senyaman mungkin layaknya sedang berada di ruangan kantor profesional.

Anda perlu memasang air coditioner atau AC ke dalam ruang kantor Anda. Kalau perlu, Anda juga bisa menambahkan parfum di rumah Anda.

Pemilihan parfum disarankan menggunakan parfum aromatik. Selain baunya yang lembut, parfum-parfum bertema aromatik juga bisa mensugesti pikiran menghasilkan hormon dopamine. Di ruangan yang bau parfumnya seperti ini, kegiatan berbisnis Anda pasti akan sangat berwarna.

Anda akan semangat menjalani kegiatan bisnis di rumah. Anda juga tak akan muncul sikap kebosanan bisnis yang biasanya muncul di ruangan kantor yang pengap.

Cara-cara seperti ini sebetulnya bukanlah gaya baru. Sebelumnya kantor-kantor perusahaan raksasa semacam Google dan Microsoft sudah sejak dari tahun 2000-an mendesain kantornya senyaman mungkin.

Bahkan, Google Officce mendekorasi ruang kantornya bergaya sangat santai. Dekorasi kantor semacam ini sengaja diciptakan untuk membuat suasana kerja lebih hangat.

Bagi Anda yang saat ini rasanya kok bisnis suka mandeg, dan muncul perasaan malas berbisnis dalam hati kecil Anda. Cobalah Anda ubah dekorasi kantor Anda jadi lebih santai dan nyaman. Jangan lupa, parfum juga penting. Anda harus membubuhkan parfum ke kantor Anda, tujuannya agar aroma wangi bisa tercium, dan merelaksasi pikiran Anda. Dengan begitu, kegiatan berbisnis Anda akan berjalan dengan lancar.

Pastikanlah Ruangan Kantor Anda Pasti Bersih

Sudah jelas faktanya. Bahwa ruangan kantor yang bersih itu berbanding lurus dengan produktifitas dalam berbisnis. Semakin ruangan kantor Anda bersih, dan sama sekali tak ada debu yang melekat.

Anda akan banyak mendapatkan produktifitas di ruang kerja yang lingkunganya bersih. Ini sudah jadi ketentuan umum, hampir di seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Jika Anda tak punya waktu untuk membersihkan kantor. Anda bisa menggandeng jasa cleaning service yang ada di kota Anda. Jasa cleaning service ini biasanya cukup dijangkau dengan harga murah.

Caranya mendapatkan jasa cleaning service dengan harga murah Anda bisa menggaet jasa cleaning service yang berdiri secara otonom. Artinya, jasa cleaning service yang murah biasanya bisa didapatkan melalui per orangan. Bisa tetangga Anda, saudara Anda, atau kenalan saat dulu masih kuliah.

Ohya, dekorasi kantor bisa kotor atau tidak, tergantung penataan kantor Anda dimana lho. Bagi Anda yang membuka kantor di rumah sendiri. Usakanlah kantor Anda jangan mengambil bagian depan rumah.

Anda bukalah kantor di bagian tengah rumah. Bagian tengah-tengah rumah biasanya lebih efisien. Hal ini lantaran ruangan kantor yang berada di tengah-tengah rumah biasanya bebas dari debu.

Sebaliknya, ruangan kantor yang terletak di depan rumah biasanya lebih sering termasuki debu. Debu mudah masuk ke dalam kantor yang terletak di depan rumah ini lantaran bagian depan rumah paling banyak tekanan anginnya. Makanya gak heran, kalau bagian depan kantor sering kali penuh dengan debu-debu bertebangan.

Bagi Anda yang mendambakan kenyamanan  dalam berbisnis. Kondisi kantor yang kotor begitu tentu saja tidak akan nyaman. Dengan kondisi kantor yang kotor, Anda akan kehilangan semangat dalam berbisnis.

Carilah Rekan Berbisnis

Jika Anda merasa kurang disiplin karena bosan berbisnis sendiri. Coba carilah rekan berbisnis yang bisa Anda ajak dalam mengerjakan proyek-proyek bisnis Anda.

Proyek-proyek bisnis kalau dikerjakan bebarengan dengan rekan kerja Anda akan jauh lebih cepat. Selain itu saat Anda bete, dan banyak masalah pribadi. Anda bisa mencurahkan masalah Anda kepada rekan bisnis Anda.

Sebelum Anda mulai berpikiran untuk menggaet rekan berbisnis. Anda perlu memikirkan dulu beberapa syarat-syarat standar usaha bisnis Anda. Jangan cari rekan bisnis sembarangan.

Anda harus mencari rekan bisnis yang sepemikiran. Anda juga harus menyeleksi dengan ketat, rekan bisnis mana yang berpotensial untuk membesarkan usaha Anda.

Pilihlah karakter rekan bisnis yang unik. Carilah orang-orang yang memiliki pemikiran out of the box. Ini perlu diterapkan dalam standar kepencarian rekan bisnis agar usaha Anda bisa terus berinovasi.

Kita tahu sebuah inovasi yang muncul dalam dunia usaha selalu diawali dengan pemikiran yang out of the box. Jarang sekali ada orang-orang yang berpikiran linear dan maenstrim bisa menciptakan inovasi. Inovasi hanya muncul dari orang-orang yang ke luar dari kota.

Rekan bisnis bisa Anda pilih sebanyak dua orang atau tiga orang. Banyaknya jumlah rekan bisnis bisa Anda cocokan dengan kebutuhan dan skala produksi usaha Anda.

Antara rasio produksi dengan tenaga produksi harus seimbang. Tidak boleh njomplang sebelah.

Anda juga perlu menggaet rekan bisnis yang di luar kegiatan bisnisnya mempunyai banyak relasi. Baik relasi yang berhubungan dengan bisnis, organisasi, sosial, fundarising, dan relasi-relasi positif lainya.

Pemilihan rekan bisnis yang mempunyai relasi luas ini tujuannya supaya usaha Anda mempunyai distribusi produk yang meluas di konsumen. Makanya gak heran, kalau perusahaan-perusahaan besar biasanya hanya akan menerima tenaga kerja eksekutif yang sudah mempunyai banyak relasi di dunia kecakapanya. Tujuan pemilihan rekan bisnis yang sudah luas ini tujuannya tak lain untuk membesarkan usahannya sendiri.

Leave A Reply