Mengapa Investasi Bisa Gagal ? Inilah Jenis Investasi Yang Sangat Menguntungkan

0

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Kini banyak beredar, beragam jenis dan aneka investasi. Mulai dari investasi yang butuh modal besar, hingga investasi yang bermodal minim.

Memang betul, investasi merupakan salah satu bagian dari upaya mendapatkan sumber-sumber ekonomi. Dengan terjun ke dunia investasi, masa depan seseorang akan terjamin. Akan tetapi, investasi sendiri butuh bertahun-tahun lamanya, agar uang yang sudah di investasikan bisa balik modal seperti sedia kala.

Makannya investasi lebih cocok dijalankan orang-orang yang masih muda. Kalau kebetulan kamu merasa masih muda. Yuk mulai berinvestasi, berikut beberapa jenis investasi yang berprofit tinggi.

Investasi Emas

Emas merupakan salah satu benda berharga yang bisa diinvestasikan dengan modal minim. Investasi emas juga risikonya sangat kecil, soalnya harga emas di pasaran saben tahun pasti selalu meningkat.

Berbeda dengan investasi dalam bentuk uang, seperti menabung dalam bentuk uang. Nilai uang akan tergerus terinflasi, hingga tahun-tahun yang akan datang, menabung uang tidak terlalu banyak memberi keuntungan.

Investasi Reksadana

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang untungnya gede sangat. Kebanyakan orang membayangkan, investasi reksadana itu membutuhkan uang yang tak sedikit.

Padahal membuka reksadana tidak sesulit yang orang bayangkan. Membuka reksadana amat mudah. Bahkan reksadana bisa dimulai investasinya dengan uang sekitar 200 ribuan saja sudah bisa.

Model investasi reksadana pun sekarang sudah dalam bentuk online pula. Praktis sekali, bagi kalian yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke lokasi.

Investasi Saham

Investasi saham, merupakan salah satu jenis investasi dengan keuntungan yang amat tinggi. Karena itulah, banyak orang memberanikan diri, menyisihkan uangnya untuk membeli saham.

Kendatipun investasi saham amat menguntungkan, awas jangan terlalu tergiur dengan investasi saham yang tidak logis, apalagi resiko investasi saham juga berisiko amat tinggi. Perlu mempelajari bagaimana karakterisitik saham yang akan kamu beli. Kira-kira berisiko tinggi atau tidak.

Bagi para investor pemula, sangat disarankan berinvestasi saham di perseroan terbatas BUMN. Selain lebih aman, berinvestasi di perusahaan BUMN pun jauh lebih menguntungkan.

Apalagi saham-saham di perusahaan ini cenderung likuid, sehingga harga sahamnya lebih stabil, dan tak rawan anjlog.

Investasi Properti

Investasi properti juga tak kalah menguntungkannya. Soalnya, harga properti pasti akan selalu naik. Tidak ada sejarahnya harga properti jadi murah, kecuali kalau memang ada kerusakan propertinya.

Untuk membuktikan kalau harga properti selalu naik, cobalah saja kamu lihat harga properti yang ada di sekitarmu. Pasti harga jual propertinya akan jauh lebih tinggi, dari harga pembelian di awal. Ya gak ?

Tapi sayang nih. Investasi properti itu butuh modal yang gede. Tidak butuh, jutaan hingga puluhan juta. Tapi bisa ratusan juta, kadang malah miliaran.

Tapi gak usah khawatir, bagi para pemilik dana cekak, kamu tetap bisa investasi di sektor properti. Sekarang sudah banyak beredar, investasi properti dengan skema pembelian kolektif.

Kamu bisa patungan dana dengan rekan kerja. Untuk menghimpun dana, yang nantinya dana tersebut dipakai untuk membeli properti. Mudah sekali kan.

Membeli Alat-Alat Produksi

Daripada uang yang kamu punyai hanya untuk membeli mobile Ferari berharga miliyaran rupiah, lebih baik kamu investasikan di sektor alat-alat produksi.

Apa sih yang dimaksud dengan alat-alat produksi ? Jadi, yang dimaksud dengan alat-alat produksi ini yaitu, segala alat yang bisa digunakan untuk menghasilkan produk dalam wujud manufaktur maupun jasa.

Misalkan saja untuk membelikan truk tronton. Investasi berupa truk tronton ini bentuk konversi modal ke sistem jasa.

Dengan truk tronton itu, kamu bisa menyewakan truknya untuk mengangkut material-material hasil produksi. Kamu bisa membuat jasa ekspedisi dengan truk tronton itu.

Atau diinvestasikan untuk membeli mesin penggilingan beras. Mesin penggilingan beras itu bisa kamu pakai, untuk menggiling aneka beras yang ada. Jadi, pembelian alat produksi itu merupakan salah satu bagian investasi yang cukup menguntungkan juga.

Membeli Tanah

Investasi paling menguntungkan berikutnya yaitu investasi dibidang pertanahan. Investasi ini sungguh-sungguh menggiurkan, apalagi investasi tanah selalu stabil, harga tanah saben tahun juga selalu naik.

Investasi tanah tidak terlalu butuh modal yang besar, tidak seperti saat investasi di dunia properti. Hanya saja ada beberapa tips dan trik, agar invesati tanah kamu berhasil. Berikut beberapa tips yang perlu sekali kamu terapkan.

Pertama, tips pertama. Belilah tanah yang struktur tanahnya aluvial. Selain subur, tanah aluvial biasannya lebih ramah air.

Tanah jenis ini sumbernya kehidupan. Kamu bisa meneman tumbuhan apa saja, dan tanah aluvial biasannya menjadi media tanam yang sangat baik. Alhasil, kamu bisa membudidayakan tanaman apa saja di atas tanah yang seperti ini.

Kedua, tips kedua. Carilah tanah yang letaknya berada di pinggir jalan. Atau kawasan tanah yang berada di wilayah perkotaan.

Tanah yang berada di kawasan perkotaan ini sangat menggiurkan sekali keuntungannya. Apalagi tanah tersebut berada kawasan master plan tata ruang dalam jangka panjang, pasti ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

Ketiga, carilah tanah yang bukan jenis tanah gambut. Karena apa ? Karena tanah gambut cenderung los, dan tak mampu mengikat air.

Tanah ini kalau dijual ke  pengusaha properti jelas tidak laku. Apalagi kalau tanah yang dijual itu tidak strategis lokasinya, semakin jatuh saja deh harganya.

Kenapa Investasi Bisa Gagal ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa risiko  akan kegagalan di dunia investasi tinggi sekali.  Apalagi pelaku investai itu tidak memahami, sebab-sebab apa saja yang membuat suatu ninvestasi bisa gagal. Berikut, beberapa sebab-sebab investasi bisa mengalami kebangkrutan.

Pertama, penyebab pertama. Investasi bisa mengalami kebangrutan yaitu tidak adanya jaminan perputaran ekonomi.

Artinya, tidak ada sumber pemasukan utama perusahaan yang kamu jadikan target investasi. Beberapa perusahaan yang memberlakukan money ponzi merupakan salah satu perusahaan yang rawan gagal mempercayakan modal investor.

Karena perputaran uang cenderung skeptis. Sebaiknya kamu hindari saja, berinvestasi di perusahaan yang memberlakukan sistem money ponzi.

Kedua, penyebab kedua investasi bisa gagal yaitu karena ketidak cakapannya dalam melakukan perawatan alat-alat produksi. Utamanya bagi orang-orang yang menginvestasikan dananya untuk membeli alat-alat produksi.

Kendala investasi di sektor alat-alat produksi memang rawannya kerusakan pada alat-alat produksi itu sendiri. Makanya perlu sekiranya kamu mengasuransikan alat-alat produksi yang kamu beli.

Ketiga, kendala kegagalan investasi yang ketiga yaitu kurang memerhatikan faktor-faktor apa saja yang bisa mempercepat break event point.

Untuk mempercepat  break event point. Seorang investor harus memperluas relasinya dengan para investor lain.

Keempat, penyebab ketiga. Kegagalan dari kegiatan berinvestasi biasanya disebabkan oleh modal yang sangat minim. Baik modal capital, maupaun modal knowledge. Kendati beberapa jenis investasi bisa diaksed dengan capital yang kecil, tetap saja kamu harus mampu memenuhi modal capital yang mencukupi.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.