Beberapa Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Dijalankan di Desa

0

Bisnis rumahan merupakan salah satu ragam bisnis yang dapat ditekuni oleh siapapun. Baik kaum laki-laki, maupun perempuan sekalipun, bisnis skala rumahan bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Kelebihan bisnis rumahan yaitu modal yang dikeluarkan bisa dibilang lumayan sedikit. Modalnya sedikit, dan tidak butuh tenaga ekstra keras untuk memulainya.

Bagi masyarakat yang hidupnya berada di pedesaan, bisnis rumahan dapat menjadi usaha alternatif untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Biasanya rata-rata usaha yang ada di desa bergerak dibidang agrikultur. Akan tetapi, sebetulnya ada beberapa jenis usaha lain selain agrikultur. Berikut beberapa ide usaha lain yang bisa dicoba di pedesaan.

Budidaya Perikanan

Di desa, biasanya orang-orang memiliki pekarangan yang luas. Luas pekarangan di desa pun biasannya bisa mencapai 1 hektaran lebih. Luas tanah yang sangat lebar ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kolam ikan.

Supaya biaya operasional bisa ditekan. Kalian bisa membuka usaha budidaya ikan tersebut di area pekarangan yang tak jauh dari rumah. Untuk isian kolam  ikan, kalian bisa mengisi kolam ikan itu dengan jenis ikan lele, ikan mas, ikan nila, ikan bandeng, maupun jenis ikan kakap.

Pilihlah komoditi ikan yang familier di pasaran. Juga budidayakanlah  salah satu produk perikanan lain yang lebih tinggi nilai jualnya seperti lobster.  Untuk skala bisnis kecil, budidaya perikanan biasanya sangat cocok diterapkan di lingkungan pedesaan. Hal ini lantaran di pedesaan biasanya akses ke pasar konsumtif  lebih terukur. Kita tahu bahwa orang-orang di desa biasannya paling suka makan ikan.

Bisnis Sayuran

Jika tanah di rumah kalian tidak terlalu luas, coba kalian bisnis sayuran. Pengolahan bisnis sayuran di ruang terbuka akan terkendala suhu yang memiliki nilai nisbi tinggi. Untuk menstabilkan disparitas antara lingkungan alam pada sayuran yang akan dibudidayakan.

Dibutuhkanlah shading house, fungsi shading house ini dimaksudkan untuk mengurangi nilai kelembaban lingkungan yang biasanya cenderung terlalu basah atau terlalu panas. Untuk jenis tanaman sayuran yang memerlukan shading house, biasannya jenis sayuran tomat, sawi, maupun kentang.

Beternak Ayam Petelur

Salah satu sumber protein hewani yang cukup kaya akan gizi bisa kita temui pada telur. Oleh karenanya, kebutuhan telur untuk dikonsumsi biasanya cukup banyak peminatnya. Bagi kalian yang tinggal di desa, beternak ayam petelur bukan perkara yang sulit.

Beternak telur ini bisa dilakukan dimanapun tempatnya. Asalkan area tanah yang digunakan cukup luas, bisnis telur bisa dijalankan kapanpun.

Untuk memulai bisnis budidaya telur ayam. Yang kalian perlukan hanya menyediakan kandang ayam. Untuk pembuatan kandang ayam biasannya menggunakan bambu. Sementara untuk atap yang digunakan bisa menggunakan atap klaras.

Sementara untuk menghindari ayam mengalami mati terkena penyakit. Perlu sekali dibuatkan ruang faksinasi khusus ayam. Berbeda dengan kandang utama, ruang faksinasi ini dibiarkan tertutup dan hampa udara.

Saat ada ayam yang terkena penyakit, ayam harus di masukan ke ruangan khusus ini untuk menjelani proses ingkubasi. Tujuannya tak lain yaitu untuk menghindari penyakit yang ada pada ayam yang satu menular ke ayam lainnya.

Dengan begitu, keuntungan yang didapat dari kegiatan berternak ayam pertelur pun lumayan besar. Biasanya, binis pertelur ini sanggup membukukan keuntungan diatas 10 juta setiap kali panen.

Dalam setahun, bisnis budidaya ayam petelur inipun sanggup panen tiga kali dalam setahun. Begitu produktifnya usaha ini, sampai-sampai banyak sekali perusahaan-perusahaan dibidang perternakan unggas yang kini mulai memperluas ekpansinya dengan membuka budidaya ayam pertelur.

Membuka Peternakan Kambing

Selain ayam, kambing juga merupakan hewan ternak yang dinilai mempunyai harga yang sangat tinggi. Hewan berkaki empat ini dagingnya banyak dimanfaatkan oleh industri kuliner yang ada di Indonesia.

Mulai dari kuliner sate, sop kikil, sop buntut, bumbu penyedap rasa, sampai olahan steak yang sekarang mulai banyak beralih menggunakan daging kambing.

Itu baru di dunia kuliner. Belum lagi di dunia acara-acara religi seperti kegiatan kurban dan kegiatan aqiqah yang biasanya menggunakan daging kambing untuk dikurbankan.

Untuk membuat peternakan kambing sendiri cukup mudah ya sob. Kalian tinggal menyiapkan saja lahan kosong untuk dibuatkan kandang kambing.

Untuk pakannya, pakan kambing bisa berupa rerumputan seperti alang-alang dan daun waribang. Supaya pembuahan kambing bisa memproduksi banyak anak, kalian bisa memberikan pakan daun kedondong lanang.

Pakan ini diketahui memiliki kandungan vitamin yang cukup bagus untuk perkembangan si kambing.

Usaha Budidaya Kroto

Kroto atau yang bisa disebut sebagai  telur semut. Merupakan makanan untuk burung yang cocok diberikan pada jenis burung apapun. Baik burung perkutut, deruk, ciblek, kacer, maupun burung love bird pun bisa diberikan pakan kroto.

Bagi kalian yang saat ini tinggal di pedesaan. Bisnis budidaya kroto jadi bisnis paling menggiurkan. Bayangkan saja, satu ons kroto ini biasannya dihargai dengan harga yang lumayan tinggi. Untuk satu ons kroto para pecinta burung biasannya harus mengeluarkan duit sebesar 70 ribuan.

Dengan harga yang super mahal seperti itu. Bagiamana jadinya jika kalian mampu menjual kroto dalam jumlah puluhan kilo. Tentu saja akan banyak keuntungan yang didapatkan bukan.

Untuk cara-cara budidaya kroto ini sebetulnya cukup gampang ya. Kalian tinggal siapkan saja wadah yang biasa dipakai untuk mengeram semut.

Sementara untuk pakan semutnya kalian bisa menggunakan pakan serangga seperti jangkrik, belalang, capung, dan pakan serangga lainnya.

Sementara untuk mendapatkan semutnya. Kalian bisa mendapatkan semut langkrang di pohon jati. Semut langkrang banyak sekali bersarang di pohon-pohon ini.

Menjual Gorengan

Jika di meja kantor ada gorengan dan roti canai secara bersamaan. Pasti yang akan habis  kuliner gorengan duluan.

Begitulah kuliner gorengan, kuliner ini begitu merakyat. Gorengan disukai oleh kalangan manapun, baik kalangan istana sentris yaitu pejabat istana, sampai kalangan bawah semuanya hampir tidak ada yang tak suka gorengan.

Apalagi di desa-desa. Tentu saja gorengan menjadi kuliner pokok yang harus siap sedia di meja makan.

Melihat peminat gorengan yang begitu tinggi. Tentu saja bisnis gorengan merupakam peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Bayangkan saja betapa menjanjikannya usaha ini sampai anaknya Jokowi Dodo, Kaesang yang notabene anak presiden ternyata tak canggung buka bisnis gorengan.

Untuk memulai bisnis ini, kalian tinggal siapkan saja grobag dan alat-alat penggorengannya. Sementara untuk varian gorengannya, kalian bisa memasukan menu gorengan pisang, gorengan singkong, gorengan kentang, gorengan tahu gembus, gorengan mendoan, gorengan tempe, gorengan tlembuk, gorengan gemblong dan beberapa macam gorengan lain yang berpotensi laku.

Membuka Usaha Kerajinan Tangan

Ciri khas kehidupan di desa yaitu ada banyak limbah yang terbuang percuma. Mulai dari plastik yang sering berceceran di belakang rumah, kain perca yang dibuang begitu saja, sampai botol bekas yang selalu saja dibakar.

Lihatlah barang-barang bekas itu dengan mata liar kalian dalam mengambil peluang. Barang-barang bekas seperti itu menarik sekali untuk kalian manfaatkan sebagai barang kerajinan. Misalnya saja botol, kalian bisa menyulap botol yang tak terpakai itu untuk membuat hiasan lampu.

Sementara untuk kain perca yang tak terpakai. Kalian bisa memanfaatkan kain perca ini untuk membuat boneka. Sementara untuk plastiknya, kalian bisa menyulapnya menjadi kerajinan tas plastik nan cantik. Melalui sentuhan tangan-tangan kreatif, barang-barang bekas apapun bisa disulap menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak perlu modal tinggi. Untuk bahan – bahan yang akan dijadikan sebagai produk kerajinan. Kalian bisa mendapatkanya di tukang rongsok atau mencari langsung melalui rumah-rumah warga. Simpel sekali bukan.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.