Kelebihan dan Kekurangan Deposito yang Perlu diketahui

0

Bagi kawula muda, membuka deposito menjadi semacam motiv jaga-jaga sendiri yang cukup menjanjikan. Dengan membuka deposito, mereka bisa mempunyai kemampuan dalam membayar tagihan-tagihan dengan cepat. Dengan adanya deposito, mereka juga memiliki mental yang lebih baik dalam menghadapi hari-hari yang kadang tak menentu.

Akan tetapi, deposito tidak hanya memberikan kelebihan dan kemudahan berinvestasi saja. Ada juga kekurangan deposito yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Kekurangan yang ada pada deposito ini jelas bisa menjadi batu sandungan jika ingin mendapatkan keutungan akumulusi modal yang tak dapat apa-apa.

Oleh karenanya, deposito harus Kita pelajari apa kekurangan dan kelebihannya. Berikut kekurangan dan kelebihan dari deposito.

Memberi Akses Keuangan yang Mudah

Tidak seperti produk keungan berupa money trading, deposit ini bisa menjaga peredaran uang Kita supaya bisa cair di manapun tempatnya. Jadi, saat Kita mendapatkan tagihan tak tertuga, Kita bisa memakai uang tunai yang sebelumnya sudah disisihkan untuk membayar keterlambatan tersebut dengan deposito. Atau dalam kasus lain, saat Kita tiba-tiba terpleset di WC dan kemudian jekangkang sampai muka Kita bengkak segede bakpao.

Dengan deposito ini Kita bisa mendapatkan akses pengobatan dengan sangat mudah. Kitapun akhirnya mempunyai uang spekulasi yang dipakai mana kala Kita mengalami kecelakaan.

Uang Kita Akan Tetap Dalam Keadaan Aman

Ketika Kita mempunyai banyak duit, banyak orang menyimpan duit tersebut di dalam dompet, atau paling parah biasannya disimpan dalam kasur. Model menyimpan uang seperti ini tentu saja tidak aman sekali. Saat rumah tiba-tiba terbakar, duit yang letaknya berada di bawah kasur tentu saja tidak bisa diselamatkan dari kobaran api itu.

Atau kalau tidak, duit yang disimpan di dompet dan di bawah kasur rawan terkena pencurian. Nah lho bahaya banget kan.

Tapi bahaya kemalingan uang itu tidak Kita dapatkan jika menyimpan uang dalam bentuk deposito. Bahkan kalaupun ada skandal penyelewengan dana nasabah seperti pada kasus Century, deposito Kita akan tetap aman.

Tidak Perlu Membutuhkan Modal Besar

Punya duit berapa ratus ribu nih di dompet Kita ? Jika cuma punya uang ratusan ribu saja tak masalah kok. Karena membuka deposito bisa dimulai dengan duit 150 ribuan saja. Ini sedikit lebih mudah dibandingkan Kita membuka saham obligasi yang biasannya membutuhkan duit ratusan dolar untuk memulainya.

Memungkinkan Terhubung Dengan Giro

Sejak restrukturisasi keuangan pada tahun 2014, kini banyak sekali deposito yang dapat dihubungkan dengan rekening giro. Bahkan lebih dari 62 persen orang melaukakan transfer uang dari deposito ke rekening giro ketika saldo di rekening giro mereka habis.

Data konektivitas deposito ke rekening giro saben tahun selalu meningkat saja. Tentu saja konektivitas yang mudah antara deposito dan rekening giro ini benar-benar sangat membantu. Dengan konektivitas semacam ini, Kita bisa menghindari biaya overdraft yang sangat membebani itu.

Deposito Mampu Mengotomatiskan Pembayaran Tagihan

Bukan cerita yang mengada-ngada, kalau menggunakan kartu kredit ini banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan. Dengan kartu kredit, Kita bisa membayar berbagai tagihan secara otomatis. Tetapi sayangnya, kartu kredit sering kali terhambat oleh sistem jatuh tempo yang bikin mencekik.

Dengan menggunakan deposito, Kita memungkinkan bisa membayar tagihan secara automatis tanpa takut jatuh tempo.

Kendati deposito ini memiliki banyak keunggulan yang bisa memanjakan penggunanya. Deposito ternyata juga memiliki kekurangan yang patut Kita waspadai. Berikut beberapa kekurangan pada deposito.

Suku Bunga Sangat Rendah

Jika Kita ingin cepat kaya, uang melimpah, dan ivestasi bisa didapatkan dengan sangat cepat jangan harap Kita dengan memakai deposito bisa mewujudkanya. Jika keinginan Kita seperti itu, membuka deposito bukanlah pilihan yang tepat. Dengan membuka deposito, Kita akan selalu mempunyai suku bunga yang bisa dibilang sangat rendah.

Bahkan, jika dibandingkan dengan reksadana, obligasi, dan produk keuangan lainnya. Deposito ini tak ada apa-apanya. Tapi kendati begitu kelebihan yang dipunyai reksa dana, dan saham obligasi yaitu securitas yang tidak tinggi.

Jadi deposito sebetulnya lebih berfungsi sebagai uang spekulasi dan jaga-jaga. Kita tidak cocok untuk membuka deposito jika keinginanya ingin cepat kaya.

Asuransi yang Diberikan Sangat Terbatas

Sistem keuangan deposito ada batasannya. Bank memberi asuransi lalu mengkrediktan deposito serikat dengan jumlah tertentu. Saat tabungan Kita melebihi jumlah ketentuan, Kita tidak mendapati cakupan penuh. Untuk mengantisipasi hal ini, biasanya orang-orang mengalihkan ke akun deposito lain.

Bisa Memicu Sikap Boros

Dengan sistem deposito, kita bisa kapanpun menarik uang dari deposito. Celakannya sistem seperti ini yang kadang kala membuat kita kalap membelanjakan uang yang ada pada akun deposito untuk kepentingan yang sama sekali tidak produktif.

Misalnya untuk membeli sepeda motor baru padahal di rumah sudah ada sepeda motor.

Jadi bagi yang tidak begitu pandai dalam mengontrol keuangannya sendiri, tidak disarankan Kita membuka deposito. Lebih baik membuka saham, atau produk keuangan lainnya.

Uang Bisa Terhisap Jika Setoran di Bawah Jumlah Minimum

Bank dan lembaga keungan lain yang menyediakan deposito memang biasannya tidak mensyaratkan setoran besar di waktu awal pembukannya. Bahkan dengan uang 150 ribu saja kita bisa membuka deposito dengan mudah.

Inilah yang membuat banyak orang begitu bernasfu untuk membuka deposito.

Kendati demikian, dibalik kemudahan awal yang ditawarkan. Namun ternyata banyak bank yang mempunyai aturan persyarat minimum.

Jika saldo tabungan Kita berada di bawah jumlah minimum yang sudah ditetapkan dan tidak segera Kita menambah jumlah minimum tersebut. Uang yang sudah terakumulasi di deposito bisa saja hilang tak berjejak.

Tidak Cocok Untuk Mencari Keuntungan Maksimal

Seperti sudah disebutkan di atas. Pembukaan akun deposito ini lebih kepada untuk keperluan spekulasi atau jaga-jaga. Saat Kita terkena musibah misalnya kecelakaan atau jatuh sakit, dengan deposito ini Kita bisa menutupi biaya pengobatan dengan mudah melalui deposito.

Deposito memberikan jaminan kemudahan dalam mengakses produk-produk asuransi, tapi sayangnya deposito ini tidak cocok digunkan untuk mendapat keuntungan maksimal.

Deposito dibatasi limit, ada beberapa jumlah minimal tertentu saldo Kita harus dialihkan ke akun deposito lain setelah melebihi batasan tersebut.

Selain itu, suku bungan deposito juga bisa dibilang sangat rendah. Bagi Kita yang mendambakan bisa mempunyai rumah mewah dengan modal membuka deposito saja tentu musathil sekali bisa Kita wujudkan.

Kalaupun bisa terwujud, butuh bertahun-tahun lamanya akumulasi dana di deposito bisa meraksasa semaca itu. Jika motivasinya untuk mendapatkan capital gain sebesar-besarnya, bukan pembukaan deposito yang harus dilakukan.

Kita bisa membuka saham obligasi, atau produk keuangan lainnya yang menyediakan akses suku bunga besar dan tanpa limit seperti pada deposito. Dengan begitu, investasi dan keuntungan tinggi yang Kita harapkan dari bermain di pasar modal pun bisa Kita dapatkan dengan sangat mudah.

Cara-cara seperti sudah biasa dilakukan oleh pengusaha sukses. Sekarang giliran Kita yang mencobanya.

 

Leave A Reply