Inilah Beberapa Usaha Bisnis yang Bisa di Jalankan Tanpa Modal

0

Banyak orang bingung memulai usaha apa. Sudah ada ide untuk memulainya pun masih terhadang banyak kendala. Kendala yang sering muncul yaitu kemampuan modal untuk mendanai sebuah bisnis yang kadang tidak ada dananya.

Sehingga ada sebuah ungkapan yang berkembang buat apa memimpikan berbisnis jika modalnya tidak ada. Bisnis memang perlu, tapi jika uang untuk berbisnis tidak ada buat apa.

Padahal, memulai usaha sebuah bisnis sejatinya bisa dilakukan tanpa modal, alias tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Lalu usaha bisnis apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal. Berikut beberapa usaha bisnis yang bisa dijalankan nyaris tanpa modal.

Bisnis Reseller Online Shop

Bisnis Online shop atau yang akrab disebut oll shop bisa dimulai nyaris tanpa modal. Bisnis ini bisa Anda mulai dengan bekerja sama bersama beberapa produsen kaos distro, tas, sepatu, jam tangan, dan beberapa aksesoris-aksesoris yang terdapat di internet.

Untuk pendaftaran menjadi reseler sendiri biasanya tidak perlu harus membayar sejumlah uang. Bahkan untuk enjadi reseler sebuah produk bisa didapatkan dengan modal dengkul saja.

Agen Penjualan Tiket Perjalanan

Menjadi agen tiket penjualan sebuah tiket tidak perlu menggunakan modal yang cukup banyak. Anda bisa memulai usaha penyedia tiket penjualan dengan modal nol rupiah saja.

Caranya mudah saja, Anda tinggal daftar saja di penyedia tiket perjalanan misal di Traveloka. Biasanya, agen penjualan ini memiliki laba yang cukup tinggi. Bahkan beberapa agen tiket perjalanan sanggup membuat perusahaan travel sendiri dari laba yang diambilnya.

Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu menyediakan seperangkat komputer, koneksi internet, printing, dan kartu nama saja. Beberapa perlengkapan tadi harus ada jika usaha travel Anda ingin lebih maju.

Makelar Pembuatan Surat Izin

Pembuatan surat izin di Indonesia sangat susah sekali didapatkan. Misalnya dari puluhan ribu orang yang mengikuti membuat surat Izin di Indonesia, hanya beberapa puluhan saja yang berhasil lulus dalam ujian pembuatan SIM.

Banyaknya orang gagal dalam membuat SIM ini disebabkan karena ujian pembuatan SIM yang tidak mudah. Lebih dari sekian ribu orang mengaku gagal dengan beberapa tantangan yang diujikan dalam pembuatan SIM.

Bagi yang melek ekonomi. Adanya kesulitan luar biasa pada pembuatan SIM tentu jadi peluang menggiurkan sendiri. Kita bisa membuka bisnis jasa pembuatan SIM dengan terlebih dahulu memberikan training terlebih dahulu serta memberikan arahan yang tepat agar ujian dapat berjalan dengan lancar.

Jasa pengurusan SIM ini nyaris tanpa modal. Modal Anda hanya perlu membuat kartu nama dan memiliki komputer pribadi untuk menge-print beberapa berkas pesryaratan yang dipakai pada saat pembuatan SIM dilakukan.

Jasa Editor Buku Cetak

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan  pembuatan buku saban tahun semakin berkembang pesat saja. Perkembangan penerbitan buku cetak yang semakin banyak ini tentu menjadi peluang menggiurkan bagi Anda untuk membuka jasa editor naskah buku cetak.

Untuk memulai jasa ini bisa dibilang sangat minim modal. Bahkan Anda hanya perlu modal computer saja untuk memulai jasa editor buku cetak.

Untuk memperkuat positioning jasa yang Anda buka. Anda perlu bekerja sama dengan para penerbit mayor di Indonesia yang sudah berpengalaman dalam mencetak buku-buku best seller.

Salah satu penerbit yang cocok Anda ajak bekerja sama salah satunya ada penerbit Grammedia, Bentang Pustka, Media Pressindo, Penerbit Narasi, Penerbit Bukune, Penerbit Pressiwa, Penerbit Alex Media, Penerbit Gema Insani, dan beberapa penerbit lain yang untuk jasa editornya sering menggunakan pihak ketiga.

Hanya saja Anda perlu melatih kecakapan dalam memahami bahasa tulis (style house ). Biasanya, orang-orang yang bergerak di jasa editor sebuah naskah buku dari awal sudah mempelajari PUEBI terlebih dahulu.

Ada juga sebagian orang yang mempelajari bahasa asing selain bahasa Indonesia. Hal ini lantaran karena penerbit mayor kadang kala menerbitkan buku-buku English pula. Jadi penguasaan bahasa asing cukup diperlukan jika Anda berencana akan membuka jasa editor sebuah tulisan.

Jasa Penitipan Sepeda Motor

Kalian punya rumah yang terletak di pinggiran jalan raya. Kalau letak rumah kalian berada dalam posisi seperti itu kenapa tidak dimanfaatkan saja, ya dimanfaatkan saudara-saudara.

Anda bisa memanfaatkan keberadaan lokasi rumah Anda yang strategis itu dengan membuka jasa penitipan sepeda motor. Jasa penitipan sepeda motor ini bisa Anda buka dengan modal yang sangat minim sekali, bahkan nyaris tanpa modal.

Anda hanya perlu menyiapakan saja sebagian rumah Anda yang tidak terpakai. Misalnya saja pada bagian halaman depan  rumah. Anda bisa meletakan motor-motor titipan tersebut di halaman depan rumah.

Agar penitipan motor tampak lebih profesional. Anda bisa membuat nomor penitipan sepeda motor. Selain fungsinya supaya bisa terlihat lebih profesional, fungsi lain dari nomor penitipan ini agar bisa melindungi dan memproteksi sepeda motor konsumen dari upaya tangan jahil pihak ketiga yang ingin menggondol sebuah motor.

Ohya, jasa penitipan sepeda motor ini omsetnya juga lumayan lho. Anda bisa mengantongi uang mulai dari 100 ribu hingga 150 ribu per hari. Kalau musim lebaran tiba, omset yang akan Anda dapatkan jauh lebih besar daripada omset yang Anda dapatkan di hari-hari biasa.

Dengan omset segede itu sih tentu saja diidam-idamkan banyak orang ya. Apalagi buka jasa penitipan sepeda motor ini cuma modal menyediakan ruangan yang anti bocor dan anti panas. Cukup itu saja beres deh urusan.

Gimana ? Anda tertarik buat memulai membuka usaha jasa penitipan sepeda motor ini. Kalau Anda tertarik segera dicoba saja. Modal yang dikeluarkan sangat minim sekali kok, bahkan nyaris tanpa modal sama sekali. Luar biasa bukan.

Jasa Mengantar Surat Undangan

Kendati kita sudah hidup di zaman milenial di mana pesan instan jauh lebih digemari untuk menyampaikan pesan kepada rekan-rekan tercinta. Ternyata masih ada sebagian orang yang lebih suka memberikan undangan versi tercetak kepada temanya.

Undagan versi cetak yang paling banyak digunakan salah satunya undangan pernikahan. Pembuatan undangan pernikahan ini bisa dibilang sangat minim cos. Bayangkan saja, untuk membuka jasa ini, Anda hanya perlu menyiapakan satu set komputer dan satu set printing saja.

Di dalam komputer Anda, harus sudah terinstal beberapa aplikasi office yang biasanya digunakan untuk membuat naskah-naskah undangan seperti Microsoft Word. Agar lebih profesional lagi, Anda bisa menginvestasikan sebagian pendapatan Anda untuk membuat MMT dan banner.

MMT atau benner ini nantinya bisa Anda pasang di tempat usaha Anda untuk memperkuat branding positioning. Kalau dilihat dengan detail. Usaha pembuatan undangan pernikahan ini hampir tanpa modal sama sekali.

Dengan modal yang sangat minim seperti itu. Anda bisa mendapatkan laba dengan keuntungan yang sangat banyak. Kapan lagi coba, bisa mendapatkan manisnya profit dari modal yang sama sekali begitu kecilnya.

Jadi mulai sekarang buang jauh-jauh ya pikiran buka usaha harus memiliki modal yang besar. Toh nyatanya beberapa usaha yang sudah disebutkan di atas hanya butuh modal kecil saja. Bahkan sebagian ada yang bisa didapatkan tanpa modal sama sekali.

Leave A Reply