Langkah Jitu Memantapkan Hati Untuk Berbisnis

0

Sebelum memutuskan untuk terjun menjadi pebisnis atau wirausaha, penting sekali bagi Kita untuk menetapkan visi misi yang mantap. Visi adalah gambaran (keadaan ) yang akan direncanakan beberapa tahun ke depan, sedangkan misi adalah langkah yang harus dilakukan demi mencapai visi tersebut.

Visi dan misi harus ditetapkan dalam kata-kata yang positif, sebab pikiran bawah sadar Kita hanya bisa mengenal dan menangkap kata-kata positif. Kata-kata positif adalah kata-kata yang dimungkinkan bisa membangkitkan gairah dan semangat, tidak menggunakan unsur-unsur negatif seperti kata “tidak.” Dengan kata-kata positif ini, Kita akan lebih tergerak untuk benar-benar merealisasikan visi dan  misi yang telah ditetapkan. Lantas, seperti apa contoh visi dan misi dalam kata-kata yang positif ? Perhatikanlah beberapa contoh visi dan misi yang positif

Visi Positif

  • Bisnis saya harus berkembang menjadi tujuh cabang untuk tujuh tahun ke depan.
  • Bisnis saya harus menghasilkan omset puluhan juta rupiah
  • Bisnis saya harus menjangkau sampai luar negeri
  • Bisnis saya harus memiliki alat produksi yang canggih dan efisien
  • Bisnis saya harus masuk dalam bursa saham 3 tahun yang akan datang.

Misi Positif

  • Melakukan promosi secara gencar di internet, menawarkan harga yang lebih murah, mengutamakan kepuasan pelanggan dan bekerja sama dengan mitra sistem bagi hasil.
  • Melakukan promosi secara gencar di situs-situs online yang paling ramai dikunjungi, memberikan fee hadiah bagi pelanggan yang membeli di hari-hari spesial, memberikan layanan gratis, dan menawarkan produk yang bervariasi.
  • Menerapkan strategi pengembangan bisnis persis seperti yang disarankan mentor, menguasai pasar-pasar ekspor dan seluk-beluk ekspor, dan merancang strategi bersaing di pasar global.
  • Memasarkan produk kepada pelanggan secara langsung, kreatif menjual dengan teknik pasti deal, aktif berpromosi ke berbagai media, dan menguasai pasar-pasar ekspor dan impor.

Menggali Impian-Impian Besar, Termasuk Menulis Buku Dreambook

Impian adalah suatu hal ( baik berupa materi maupun non-materi ) yang benar-benar Kita inginkan dalam hidup. Impian membuat Kita tegar dalam menghadapi kegagalan dan membuat Kita bisa lebih bekerja keras dalam meraihnya. Oleh karenanya, sebelum terjun menjadi pebisnis atau wirausaha, kenali impian-impian besar Kita, termasuk menulis dreambook pribadi.

Lantas, bagaimana cara menggali impian-impian besar itu ? Sederhana saja. Kita bayangkan segala hal (baik berupa materi maupun non materi ) yang benar-benar Kita inginkan dalam hidup. Misalnya saja untuk urusan materi dalam hidup.

  • Ingin memiliki penghasilan di atas 10 juta per bulan,
  • Memiliki rumah megah lengkap dengan gazebo dan halaman luasnya,
  • Menyekolahkan anak di sekolah atau perguruan tinggi favorit,
  • Membuka bisnis restoran di usia 39 tahun,
  • Membuka bisnis salon dan fitness centre di usia 42 tahun,
  • Berlibur bersama keluarga ke luar negeri setiap liburan sekolah
  • Menguliahkan anak di jurusan kedokteran,
  • Atau membelikan mobil baru buat anak,

Nah, setelah melakukan pemunculan angan-angan tersebut, saatnya Kita menulis dreambook pribadi. Siapkan buku yang khusus digunakan untuk menulis tulisan dreambook.

Buatlah tulisan angan-angan Kita pada dreambook dengan jumlah tulisan mencapai 100 list. Setelah daftar impian itu selesai dibuat, simpanlah tulisan-tulisan tersebut di lemari Kita. Kalau perlu, Kita juga bisa memajangnya di tempat yang bisa Kita lihat, Misalnya pada kamar Kita.

Jangan lupa juga, saat menulis dreambook, tetapkanlah waktu tanggal, bulan, dan tahun. Kita harus merealisasikan dreambook tersebut. Hal ini bertujuan agar Kita merasa tergerak untuk bisa merealisasikan dan merasa menyesal jika terlambat atau tidak bisa merealisasikannya di waktu yang telah ditetapkan.

Menumbuhkan Keyakinan untuk Mencapai Visi dan Misi Serta Impian-Impian Besar

Keyakinan adalah sesuatu yang kita yakini dan hidup dalam batin, yang menentukan sikap dan tindakan kita, baik sadar atau tidak sadar. Keyakinan seperti itu bisa menyatakan sebab akibat atau mempresentasikan sesuatu yang terdiri dari sebab dan akibat, misal.

  • Jika mau bekerja keras maka saya akan berhasil
  • Jika mau ulet dan disiplin maka saya akan sukses menjalankan bisnis
  • Jika kekurangan ide maka saya tidak dapat menjalankan bisnis dengan baik
  • Jika tidak memiliki bekal ilmu maka saya tidak mendapatkan jaminan sukses menjalankan bisnis
  • Kalau orang yang tidak sekolah saja bisa sukses menjalankan bisnis, mengapa saya yang bergelar Sarjana pasti bisa jauh lebih sukses.
  • Kalau orang lain yang nggak punya modal saja bisa membangun bisnis yang besar, saya yang punya banyak uang pasti bisa sukses membangun bisnis yang besar.
  • Kalau orang lain tetap saja mau bangkit setelah gagal menjalankan bisnis, saya yang punya semangat jadi pebisnis pasti juga mau bangkit setelah gagal menjalankan bisnis.

Sebelum memutuskan untuk terjun menjadi pebisnis atau wirausahawan, sebaiknya tumbuhkan keyakinan untuk mencapai visi dan misi, juga impian-impian besar Kita. Dengan begitu, maka perjuangan Kita tidak akan sia-sia. Dan, semangat dalam merealisasikan impian-impian besar serta visi dan misi dari bisnis yang Kita jalankan akan semakin besar.

Menanamkan Motivasi yang Kuat di Dalam Hati

Supaya benar-benar mampu merealisasikan visi dan misi dari bisnis beserta impian-impian besar Kita, tanamkan motivasi yang kuat di dalam hati. Caranya dengan mengubah keyakinan  yang salah di dalam hati Kita. Contohnya sebagai berikut.

Keyakinan yang salah : Saya tidak mungkin bisa sukses menjalankan bisnis.

Keyakinan yang benar : Itu dulu, sebelum saya tahu ilmunya. Sekarang, saya sudah tahu ilmunya, jadi tinggal menunggu hari untuk meraihnya.

Keyakinan yang salah : Saya tidak mungkin bisa sukses menjalankan bisnis dibidang budidaya karena tidak begitu berpengalaman dibidang itu.

Keyakinan yang benar : Itu dulu, sebelum saya belum punya relasi. Namun, sekarang saya sudah punya relasi pembudidayaan yang siap membantu saya kapan saja untuk bisa sukses.

Keyakinan yang salah : Saya tidak mampu menjalankannya. Itu hanya untuk orang-orang yang punya modal. Untuk mendapatkan keuntungan besar, butuh modal yang banyak.

Keyakinan yang benar : Siapa bilang ? Modal kecil pun bisa digunakan untuk mendapat keuntungan besar, asalkan tahu caranya.

Dengan menanamkan motivasi yang kuat di dalam hati, cepat atau lambat Kita pasti benar-benar mampu merealisasikan visi dan misi dari bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, Kita juga benar-benar mampu merealisasikan impian-impian besar Kita.

Mengharuskan Diri Sendiri untuk Mencapai Visi, Misi dan Semua Impian Besar Demi Orang-Orang Tercinta

Diakui maupun tidak, Kita pasti tidak akan mau action mencapai visi dan misi serta impian-impian besar apabila tidak ada kata “harus”. Di dunia ini, semua pencapaian yang dahsyat pasti tercapai karena orang yang melakukannya merasa harus mencapainya. Tidak ada satu pun pencapaian dahsyat di dunia ini karena sebuah kemalasan.

Nah, supaya Kita tidak lagi malas-malasan. Coba saat ini carilah pacar, atau menikahlah. Orang akan jauh sepuluh kali lipat lebih semangat jika sedang jatuh cinta. Orang tersebut akan mengeluarkan sekuat tenaganya untuk membahagiakan sang kekasih. Jadi Kita tak bakalan terkena penyakit malas.

Salam Sukses

Leave A Reply