Mengintip Proses Pembuatan Kaca Inlay

0

Anda bosan dengan kaca polos yang dipasangkan pada cendela Anda. Anda ingin membuat cendelanya menjadi terlihat cantik, dan enak dipandang mata ? Inilah satnya Anda menggunakan kaca inlay untuk mempercantik cendela Anda menjadi lebih artistik.

Yah kaca Inlay adalah sebuah kaca jenis seni yang dibuat melalui kerumitan yang sangat tinggi. Kaca inlay dibuat dengan baham kaca murni yang disatukan dengan lem khusus yang baru akan tersambungkan jika beraksi dengan sinar ultraviolet.

Kaca inlay dibuat menggunakan tangan, atau handmade. Tidak dicetak, maupun dibuat satu set sekaligus lengkap dengan motifnya. Jadi kaca inlay ini lebih memiliki value yang sangat tinggi. Karena pembuatannya yang begitu rumit.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

1. Proses Desain

Dimulai dengan membuatan desain awal, dimana sebuah desain menjadi sebuah penentu bagus atau tidaknya sebuah bangunan setelah diaplikasikan dengan Kaca Inlay. Dalam proses ini diperlukan  keterlibatan  Desainer Interior/ Arsitek rumah dalam memilih Desain yang tepat agar kaca inlay yang dibuat menjadi sebuah karya seni yang indah dan sedap dipandang mata.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

2. Pemilihan & Komposisi Warna Kaca Inlay

Tidak berbeda jauh dengan pemilihan Desain, Dalam hal pemilihan warna juga menjadi penentu hasil Akhir yang baik dar Interior rumah yang diaplikasikan kaca inlay. Dalam hal ini diperlukan kejelian dan pengalaman untuk memilih warna yang tepat. Apakah membutuhkan Warna yang Soft, Strong atau Midle Color semua harus disesuaikan dengan Konsep Interior Rumah Anda.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

3. Proses Produksi Kaca Inlay

Setelah mendapatkan Desain dan Warna yang telah disepakati, antara pemesan dan kontraktor kaca inlay, maka selanjutnya adalah proses pembuatan Kaca Inlay. Dalam proses produksi ini menjadi hal yang sangat penting, sebab hasil kerapihan dan tingkat presisi akan sangat ditentukan oleh produsen kaca inlay itu sendiri.

Tahap Pembuatan Kaca Inlay :

  • Proses Pembesaran skala desain :

Desain yang telah disetujui oleh keduabelah pihak selanjutnya akan dibuatkan pembesaran skala dengan perbandingan 1:1

Proses Pembuatan Kaca Inlay

 

  • Proses Pemotongan Motif Desain

Tahap Selanjutnya Motif akan dipotong sesuai dengan Desain, ketelitian yang tinggi diperlukan dalam proses pemotongan ini, karena hasil potongan akan menentukan tingkat kepresisian hasil kaca inlay tersebut.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Bevel Motif

Bevel merupakan sebuah teknik pemotongan agar motif kaca yang dibuat memiliki kemiringan sudut 45% untuk tujuan menghasilkan pantulan cahaya yang berkilau.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Proses Penempelan Motif Inlay

Proses selanjutnya yaitu menempelkan Motif yang sudah siap dengan menggunakan UV Curing Adhesive dengan mengikuti pola yang telah disiapkan. Teknik penempelan disini tidak mentolerir kesalahan sedikitpun, sebab ketika motif sudah ditempelkan menggunakan UV, maka akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dilepaskan lagi.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Proses Triple & Vacuum

Setelah semua motif ditempelkan, tahapan selanjutnya selanjutnya dalah proses Triple & Vacuum tujuannya agar kaca lebih mudah dibersihkan ketika dipasang dan sekaligus melindungi motif supaya tidak kotor terkena debu. Sehingga mempermudah dalam membersihkan kaca inlay semudah membersihkan kaca polos pada umumnya, yang hanya tinggal lap dengan menggunakan kain basah selesai.

Sejarah Seni Kaca Inlay

Teknik inlay pertama kali ditemukan oleh Wiguno Wiranto yang merupakan seorang seniman kaca asal tangerang pada sekitar tahun 1998.

Berawal dari Pemutusan hubungan Kerja (PHK) ditempat kerjanya sebagai pengrajin kaca, pak wigono berpikir keras untuk menciptakan sebuah inovasi seni kaca yang unik dengan nilai seni tinggi. Yaitu dengan merangkai kepingan2 kaca hingga menjadi sebuah desain yang indah, namun pak wiguno menemui kendala, lem jenis apa yang dapat merekatkan antara kaca dengan kaca, Dengan melakukan berbagai percobaan akhirnya ia berhasil menciptakan sebuah lem dengan mencampur beberapa bahan kimia, uniknya formula lem tersebut hanya dapat bereaksi hanya ketika formula tersebut terkena paparan sinar ultraviolet.

Pada saat itu, pak wiguno merupakan satu-satunya orang yang dapat menciptakan karya seni unik ini, namun sayangnya sebuah kesalahan besar terjadi saat ia membeli bahan kimia disebuah toko bangunan di Tangerang, toko tersebut menanyakan, untuk apa bahan kimia tersebut digunakan, dengan jujurnya pak wiguno mengatakan, bahwa ini akan digunakan untuk mengelem kaca, sejak saat itu, toko tersebut malah menyediakan formula buatan pak wiguno untuk dijual bebas, dan hingga saat ini formula buatan pak wiguno sudah dikenal oleh didunia.

Pada Tahun 2000 pak wiguno membuat hak paten sebagai hasil cipta buatannya, dan saat ini pak Wiguno telah menunjuk PT. Firta Pelita Abadi sebagai pemegang hak paten, dan menjadi satu-satunya perusahaan pemegang hak paten inlay

Penggunaan Kaca Inlay

Pada dasarnya Semua bangunan bisa dipasangi kaca inlay. Bahkan rumah bergaya minimalis juga bisa dipasangi kaca inlay. Kaca inlay bisa dipakai pada masjid, gereja, rumah, perkantoran, museum, hotel, maupun pada vila.

Bangunan vila, museum, maupun rumah yang dipandangi kaca inlay biasanya akan terlihat lebih mewah. Bahkan orang-orang yang tadinya melihat vila milik Anda punya penampakan yang biasa-biasa saja bisa seketika terlihat berkilauan setelah dipasangi kaca inlay ini.

Kalau kita lihat sekilas. Kaca inlay memang memiliki daya bias yang tajam terhadap cahaya karena metode pembuatannya yang bertumpuk-tumpuk. Jika Anda melihatnya pada waktu pagi. Kaca inlay akan menampakkan siluet yang terlihat berefek 3D. Bahkan beberapa motif kaca inlay tertentu, desainnya seperti terlihat hidup.

Jadi bagi Anda yang punya rumah selama ini tampak terlihat jenuh, kurang mewah, dan bosan dilihat mata. Anda perlu mengganti cendela, pintu, maupun interior ruangan lainya dengan menggunakan kaca inlay. Rumah Anda yang terlihat kurang nyaman dilihat nantinya akan tampak lebih indah.

Mana Lebih Baik Antara Kaca Inlay dengan Kaca Patri ?

Kaca inlay dan kaca patri secara head to head lebih baik kaca inlay. Lebih baik kaca inlay karena kaca ini memiliki kekuatan lebih baik dari kaca patri.

Hal ini disebabkan karena pembuatan kaca inlay dirangkai dengan menggunakan lem khusus yang baru bereaksi ketika disinari sinar ultraviolet. Sedangkan kaca patri kekuatannya sedikit di bawah kaca inlay karena bahan pematrian berupa kuningan masih berpotensi mengalami korosi. Jika kuningan mengalami korosi. Kaca-kaca yang sudah disatukan bisa saja terlepas.

Selain itu kaca inlay juga lebih banyak dapat mengerjakan berbagai motif ketimbang kaca patri. Hal ini lantaran kaca inlay tidak perlu membuat peleburan bahan perekat kaca seperti kaca patri. Kaca inlay lebih fleksibel hanya dengan menggunakan lem khusus saja.

Dimana Produsen yang Menjual Kaca Inlay ?

Satu-satunya Produsen yang menjual kaca inlay yang memiliki hak paten untuk menggunakan merk Inlay adalah PT Firta Pelita Abadi. Produsen kaca asal Tangerang yang satu ini telah dipercaya oleh banyak pelelangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT Firta Pelita Abadi menerima pembuatan kaca inlay dalam beragam motif. Anda bisa meng-custom sendiri motif yang dinginkan. Walaupun motif nya sulit, PT Firta Pelita Abadi bisa dengan mudah mengeksekusi motif yang Anda pesan tersebut berkat pengrajin kaca yang satu ini memiliki SDM yang memang ahli dibidang kaca.

Jadi kalau Anda ingin membuat kaca inlay. Percayakanlah saja kepada PT Firta Pelita Abadi. Untuk pemesan Anda dapat menghubungi kontak berikut.

PT Firta Pelita Abadi.

Alamat: Jl. Kd. Agung Tangerang, Banten

Telepon:  021-5992242- 081910002221

Email: [email protected]

Search terms:

proses pembuatan kaca grafir, cara membuat kaca inlay, cara mebuat kaca patri, cara membuat kaca dari awal sampai akhir, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1831 Pu-cX6OcX3fgZEFd85Vokaqcbo9S1XiTm6yh0bk0FXVmjbJhULdqKcI2PO7AgJHo c94e1f3099808383f5c399d04086bec7b997c17d&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, Jenis lem apa yg digunakan membuat kaca inlai, kaca inlay, lem inlay, teknik kaca inlay

Leave A Reply