4 Point yang Wajib di Pertimbangkan sebelum Memilih Perguruan Tinggi

0

Sekarang kita sudah mulai masuki bulan Maret ya sis. Itu artinya ada pagelaran tahunan para siswa-siswi kelas 12 di Indonesia untuk memilih perguruan tinggi mana yang akan dipilih.

Kebanyakan siswa tentu inginnya memilih perguruan tinggi yang difavoritkan banyak orang agar jaminan masa depan seseorang terjamin. Tapi benarkah perguruan tinggi yang favorit itu akan membuat masa depan seseorang terjamin ? Berikut ulasan bagaimana caranya dalam memilih perguruan tinggi yang baik yang mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut.



Carilah Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Pilihanmu, Tak Perlu Favorit

Jika kalian menemukan jurusan di sebuah perguruan tinggi pilihanmu. Maka ambilah saja perguruan tinggi itu, kendati perguruan tingginya tak favorit misalkan. Jika sebaliknya kalian menemukan perguruan tinggi favorit tapi tidak ada jurusan pilihanmu maka urungkan niat saja.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Ruangguru mengatakan. Pemilihan jurusan yang tepat orang tersebut akan lebih berhasil ke depanya. Ketimbang memilih perguruan tinggi favorit tapi tak ada satu pun jurusan yang sama dengan pasion kalian.

Pilihlah Perguruan Tinggi yang UKT-nya Murah.

Apakah kalian tahu UKT ? Yah betul sekali. UKT yang merupakan singkatan dari Uang Kuliah Tunggal merupakan biaya yang harus dibayarkan mahasiswa selama satu enam bulan mendatang.

Sistem pembayar model UKT di setiap universitas berbeda-beda tarifnya. Sementara uang yang harus dibayarkan mahasiswa di tetapkan berdasarkan kedua orang tua. Jadi yang orang tuanya kaya, maka UKT nya akan tinggi. Sebaliknya yang ekonominya kurang mampu UKT nya ditetapkan dengan rendah.



Kendati sistem pembayaran UKT sangat tak membebani mahasiswa. Tapi ternyata sistem UKT ini kebanyakan hanya ada di Perguruan Tinggi Negeri semacam UNNES, UNDIP, UIN, IAIN UGM, UNS, dlsb. Sedangkan batas penetapan UKT pada kampus-kampus negeri itu pun berbeda satu sama lain. PTN yang UKT nya paling murah dari kampus UIN dan IAIN. Bahkan saking murahnya, kalian hanya perlu membayar UKT per semester dari mulai 400 ribu sampai 1,5 juta saja. Murah sekali kan.

Makanya itu bagi kalian yang ingin lanjut kuliah tapi dana kurang. Kalian bisa memilih PTN jenis UIN, IAIN untuk menimba ilmu. Atau PTN lainya, yang penting sudah menggunakan sistem UKT.

Perhatikan Akreditasi Kampus.

Kampus yang telah terakreditasi dari lembaga Diktis artinya telah diakui oleh pemerintah. Sekala akreditasi dimulai dari penilaian dari C sampai A.

Semakin baik nilai akreditasi sebuah perguruan tinggi, maka semakin terkemuka perguruan tinggi tersebut di mata para lembaga penyalur kerja.

Pada seleksi perekrutan CPNS misalnya. Pemerintah memprasaratkan peserta pendaftar CPNS harus lulusan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B. Jadi bagi kalian yang kudepanya ingin jadi PNS sangat disarankan sekali supaya kalian mendaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B. Sukur-sukur terakreditasi A.



Perhatikan Jarak Kampus Dengan Kampung Halaman.

Sebisa mungkin kalian pilihlah perguruan tinggi yang tak terlalu jauh dari kampung halaman. Ya minimal masih dalam satu pulau.

Kenapa harus demikian, apa alasannya. Alasannya karena pemilihan perguruan tinggi yang dekat dengan kampung halaman akan mempermudah kalian saat ingin mengambil barang-barang yang tertinggal di rumah tanpa harus keluarin uang banyak untuk mudik.

Pemilihan kamus yang dekat juga akan mepermudah kalian saat mengerjakan skripsi nantinya. Jadi, kalian pertimbangkan ya. Agar memilih perguruan tinggi yang dekat dengan kampung halaman.

Leave A Reply