4 Budaya Indonesia yang Terlihat Aneh di Mata Para Bule

0

Budaya masyarakat Indonesia itu sudah lama di kenal dunia sebagai budaya yang di unggulkan masyarakat dunia. Sehingga ketika ada laki-laki yang sedang sarungan di luar negeri. Ia akan dikenal langsung sebagai orang Indonesia. Padahal ia tak pernah mengenalnya sama sekali sebelumnya.

Kendati budaya sarungan sangat populer di luar negeri. Tapi ada lho budaya orang Indonesia yang terlihat asing di mata para bule. Bahkan para bule itu melihat kebudayaannya terkesan aneh.

Perasaan aneh mereka dalam memandang kebudayaan Indonesia disebut Profesor Kunto Wijoyo sebagai fenomena “culture shock”. Atau geger budaya. Lalu apa saja budaya Indonesia yang dianggap aneh oleh orang-orang bule. Berikut kami paparkan di antaranya.


Makan Harus dengan Menggunakan Tangan Kanan, dan Kedua Kaki Nangkring di Kursi

Ketika para bule kebetulan sedang makan di Warteg (Warung Tegal). Si Bule kadang suka bingung ketika ia di tegur oleh orang-orang di sekitarnya agar saat makan menggunakan tangan kanan.

Kewajiban makan menggunakan tangan kanan jelas tidak biasa di temukan di Negeri Barat. Mereka hanya tahu saja, kalau makan yang baik itu menggunakan sendok.

Orang Barat juga kadang melihatnya aneh. Ketika ada orang Indonesia yang kakinya nangkring di kursi saat makan.

Ada Tisu Gulung di Meja Makan

Nah lho, cara makan orang Indonesia, sama Orang Barat sudah pasti sangat berbeda sekali. Jika orang Indonesia tidak lengkap rasanya kalau belum tersedia tisu gulung di meja makanya. Maka hal itu tidak berlaku bagi orang bule.

Alih-alih selera makan si Bule bertambah saat ada tisu gulung di depanya. Justru sebaliknya, selera langsung hilang, dan bahkan muntah-muntah.

Ya iyalah bo,  si Bule itu bakalan muntah-muntah. Lagian ngapain si tisu gulung yang notabene di barat digunakan untuk cebok, tapi di Indonesia digunakan untuk membersihkan mulut. Ya jelas muntah lama. Makanya, orang Bule sering melihatnya aneh dengan kebiasaannya orang Indonesia yang menaruh tisu gulung di meja makan.

Banyak yang Pakai Sepeda Motor

Di negeri tempat salju turun. Tentu saja tidak banyak di temukan kendaraan pribadi berupa sepeda motor.  Mereka banyak menggunakan transportasi publik berupa mono rail, bus way, maupun trem. Kalaupun ada yang bawa kendaraan pribadi, tentu kendaraannya bukan sepeda motor. Tapi kendaraan roda empat berupa mobil.

Orang-orang bule lebih memilih menggunakan mobil bukan berarti mereka kaya. Tapi lebih karena iklim dingin yang tak cocok kalau berkendara menggunakan sepeda motor. Makanya orang Bule sering keheranan lihat orang-orang Indonesia banyak menggunakan sepeda motor.



Belum Dianggap Makan, Kalau Belum Makan Nasi

Walaupun perut sudah sangat buncit seperti gentong karena makan Fitsa Hats dua porsi, bersama piring-piringnya. Dan jika ada orang yang sudah makan Pirza Huts tapi belum pernah makan nasi sama sekali maka orang tersebut akan mengaku belum makan sama sekali jika di tanya orang. hihi.

Orang Indonesia belum menganggap dirinya sudah makan, jika belum makan nasi lantaran bahan pangan nasi di Indonesia menjadi makanan pokok yang tak boleh di lewatkan.

Makanya orang-orang Bule keheranan jika mengajak orang Indonesia makanan di restoran yang menyediakan menu masakan non-nasi. Nanti sudah di traktir puluhan piring pitza. Saat di tanya teman lain sudah makan apa belum, jawabnya belum kan jadi berabe. Hihi

Search terms:

budaya indinesia yang aneh dimata dunia, hal aneh di indonesia di mata dunia com, indonesia di mata masyarakat barat, Orang bule sarungan

Leave A Reply