Beton Siap Pakai – Mutu Terjamin dan Konsisten

0

Diera globalisasi saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakan insfrastruktur pembangunan yang layak yang lebih menekankan pada kualitas gedung, baik itu untuk pembangunan perusahaan swasta yang dikelola pemerintah, maupun perusahaan BUMN yang dikelola langsung oleh institusi pemerintahan.

Bukan hanya pada instansi pemerintahan saja, saat ini perusahaan swasta khususnya yang bergerak pada bidang pembangunan property seperti pengembang perumahan, apartemen, dan ruko juga berlomba-lomba mengutamakan kualitas bangunan yang kokoh dan tahan lama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam.

Dalam menunjang kebutuhan pembangunan insfrastruktur yang memadai, Beton instan menjadi solusi terbaik sebagai pengganti beton cor konvensional yang saat ini dirasakan kurang maksimal, yang lebih condong pada permasalahan teknik pencampuran adukan.

Nah, kali ini saya akan membahas lebih mendalam mengenai apa itu beton instan, dan mengapa mesti menggunakan beton cor instan siap pakai.

Apa Itu Beton Siap Pakai ?

Beton siap pakai adalah istilah untuk beton instan yang sudah memiliki berbagai campuran aggregate sehingga jenis beton ini dapat diaplikasikan hanya dengan menambahkan air saja. Penggunaan beton instan siap pakai diklaim dapat lebih mempercepat proses pengerjaan dan mutu beton lebih terjaga.

Perbandingan Mutu Beton Cor Siap Pakai dan Beton Cor Konvensional

Mutu beton siap pakai yang pada umumnya digunakan untuk pembangunan rumah dan ruko adalah beton dengan kualitas K 225, K 250, dan K 300. Dengan penggunaan beton cor siap pakai, hasil yang didapatkan lebih terjamin, tidak seperti penggunaan beton konvensional yang harus mencampur adukan semen dan pasir hanya dengan perkiraan tukang, namun lain halnya dengan beton cor instan siap pakai yang diproduksi dengan mesin berteknologi tinggi dengan sistem komputerisasi, sehingga memiliki komposisi yang tepat dan mutu adukan beton yang didapatkan lebih konsisten dengan kekuatan seperti yang direncanakan.

Keunggulan Beton Cor Instan Siap Pakai

Dari berbagai segi beton instan jelas memiliki banyak kelebihan dibandingkan penggunaan beton cor konvensional, berikut ini adalah beberapa kelebihan utama beton cor siap pakai :

Proses pengerjaan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan penggunaan beton konvensional, proses pengerjaan pembangunan akan jauh lebih cepat dengan penggunaan beton cor siap pakai, tentunya ini menjadi sebuah keunggulan utama, karena dengan cepatnya proses pengerjaan dapat menekan pengeluaran biaya tukang.

Praktis dan tidak memerlukan banyak tempat

proses pengerjaan dilapangan jauh lebih praktis, karena yang dibutuhkan hanya air, dan proses pengadukan dapat dilakukan di gerobak dorong atau bahkan pada wadah ember jika area yang dikerjakan benar-benar sempit.

Tidak banyak material yang terbuang

Jika pada adukan konvensional ada beberapa material yang terkadang terbuang begitu saja, misalkan saat kita harus melakukan pengayakan pada pasir, dan sisa pasir yang kasar tidak dapat terpakai, maka ini akan menjadi hal yang mubazir, lain halnya dengan beton instan, semua material yang dibutuhkan sudah ada dalam kemasan yang hanya cukup ditambahkan air saja.

Konsisten dengan kekuatan yang diinginkan

Beton instan seolah di desain untuk sebuah kesempurnaan dimana adukan beton cor yang memang dibuat oleh sistem komputerisasi sehingga memiliki komposisi material yang tepat dari setiap kemasannya. Selain itu beton cor siap pakai memiliki mutu yang dapat kita tentukan, pada umumnya ia hadir dengan mutu K125 s/d K500.

Terukur sesuai dengan perencanaan

Dengan penggunaan beton cor instan, kontraktor dapat menghitung penggunaan material dengan mudah, pada umumnya dari 1 zak adukan beton ukuran 50kg dapat menghasilkan 0.023 – 0.027 m3.

Hasil yang didapatkan lebih tahan lama

Karena komposisi yang tepat dan konsisten serta formulasi yang tentunya sudah teruji, hasil bangunan dari beton cor instan akan jauh lebih kuat dan tahan lama.

Cara Penggunaan Beton Cor Instan Siap Pakai

Untuk penggunaan beton instan, Sebenarnya hanya cukup menambahkan air saja, namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, berikut ini tatacara atau standarisasi aplikasi beton siap pakai.

Tahap Persiapan

  • Sebelum dilakukan pengecoran, bersihkan terlebih dahulu permukaan bekesting yang akan dicor, misalkan jika terdapat kotoran, debu dan partikel lain.

Tahap Pencampuran

  • Untuk proyek pembangunan besar, direkomendasikan menggunakan mesin Mixing (Beton Molen)
  • Namun apabila percampuran dilakukan secara manual, Adukan beton dapat dicampur hingga merata agar dapat menghasilkan campuran yang homogen.
  • Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tekanan air yang ditentukan agar mutu beton dapat tercapai, biasanya penggunaan air tertulis didalam kemasan.

Tahap Aplikasi

Tidak berbeda jauh dengan penggunaan beton konvesional, kekuatan karakteristik akan tercapai saat umur beton sudah lebih dari 28 hari. Perawatan yang dapat dilakukan pada hari ke-1 hingga hari ke-7 adalah dengan cara menyiram beton dengan air.

Rekomendasi Merk Beton Instan

Saat ini ada banyak merk beton cor siap pakai yang beredar di Indonesia, namun pada ulasan kali ini saya merekomendasikan Beton Instan dengan merk Betomix sebagai beton cor siap pakai yang memiliki kualitas yang telah teruji.

Mengapa Betomix ?

Karena Betomix telah teuji dengan melalui tes uji beton, selain itu, Saat saya berkunjung ke pabrik betomix yang berada di Jalan Raya Diklat Pemda, Tangerang, Banten, disana saya dapat melihat langsung proses pembuatan dan pengemasan beton siap pakai ini, dengan penggunaan material pilihan dan diproses dengan mesin berteknologi modern, sehingga dapat menghasilkan beton cor siap pakai yang bermutu tinggi.

Buat apa lagi coba-coba jika sudah ada yang terbukti kualitasnya, karena bangunan merupakan investasi yang membutuhkan modal cukup besar, selain itu kualitas dan kekuatan bangunan rumah merupakan salahsatu penunjang untuk keselamatan keluarga kita, jangan sampai anda salah pilih merk beton, maka pilihlah Betomix 🙂

Beton Instan Betomix

Leave A Reply