Kekurangan & Kelebihan Aplikasi Web Browser Yang Sering di Gunakan

0

Web aplikasi memang menawarkan sejumlah keunggulan yang bermacam-macam fungsinya. Jika kita mau cukup jeli memanfaatkan web aplikasi untuk berselancar di internet untuk mendapatkan informasi yang berguna, maka pengguna dari web aplikasi tersebut akan mendapat ilmunya. Yah, kebutuhan akan mengakses internet seseorang dalam dekade ini memang makin tinggi.

Orang-orang menjadi seperti kelaparan jika tak mengakses internet. Namun, untuk mengatasi kelaparanya itu, butuh browser atau aplikasi web yang mumpuni untuk membantu melepaskan rasa lapar kita terhadap kebutuhan berinternet.

Apa saja browser yang bisa di andalkan dalam memenuhi kebutuhan kita dalam berselancar di dunia maya. Berikut saya paparkan.


Aplikasi Web Browser Opera

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1996. Perambah Opera merupakan broser yang paling unggul dalam dukunganya terhadap CSS. Opera juga banyak orang menjuluki sebagai web browser terpopuler ke tiga di dunia.

Opera memiliki kelebihan penggunaan pada shortcut keyboard, serta memberikan layanan untuk menciutkan atau memperluas halaman yang dikunjungi. Cocok digunakan untuk para internet mania untuk mencari informasi yang berguna, termasuk stalker mantan.

Kekurangan: Shortcut yang sangat user friendly tidak selamanya memudahkan penggunanya. Banyak kita temui para pengguna yang kesusahan untuk sekedar mengoprasikanya. Selain itu akses reload ke javascript juga terbilang mengecewakan.

Aplikasi Web Browser Comodo Dragon

Penamaan web browser ini dibajak dari hewan ganas yang air liurnya cukup mematikan bagi mangsanya. Ya, hewan itu adalah komodo.

Comodo Dragon banyak memberikan pilihan beragam dalam memilih konfigurasi DNS. Bahkan pengguna bisa menggunakan DNS milik Comodo sendiri.

Karena Comodo Dragon terbilang mudah di operasikan, aplikasi web ini sangat cocok dipakai bagi para pemula yang baru belajar berselancar di internet.


Dengan fitur andalanya seperti google user tracking, pengguna dapat melakukan pelacakan akses internet dengan tepat. Kebutuhan laparmu terhadap informasi di Internet pun akan segera terobati.

Kekurangan: Web ini tidak memiliki akses otomatis ke internet, manakala terjadi bug. Web aplikasi ini juga tak memiliki bug tracking system  untuk menjelaskan kenapa suatu situs tidak dapat di akses.

Aplikasi Web Browser Mozilla Firefox

Pengguna internet sering menyapanya sebagai rubah api. Nama keren yang tersedia pada sistem operasi Mac, Windows, IOS, dan Android.

Mozila Firefox masuk 3 besar di dunia sebagai aplikasi web yang paling banyak di gunakan. Sementara di Indonesia, Firefox digunakan kurang lebih 57% pengguna aktif internet yang terbilang cukup banyak.

Bahkan menurut StatCounter, Firefox merupakan aplikasi web nomor satu yang paling banyak pemakainya di Indonesia.

Fiturnya yang terbilang ciamik, seperti pada fitur Sandbox Security yaitu fitur yang akan memberikan keamanan tingkat tinggi dengan penggunaan kriptografi protokol HTTPS. Membuat perusahaan Firefox menyombongkan diri, ia mengadakan sayembara dengan imbalan mencapai 3500 dolar bagi para programer, jika ada yang menemukan bug (masalah) terkait garansi keamanan tingkat tinggi yang dimilikinya.

Kekurangan: tingginya pengguna Firefox, membuatnya sangat rentan, mendapat klaim garansi keamananya.

Aplikasi Web Browser Google Chrome

Googel Chrome yang menjelma menjadi raksasa aplikasi web terpopuler. Tentu saja dibuat oleh mbah Google.

Google Chrome banyak kalangan mengangap bahwa aplikasi web ini yang paling stabil, serta populer di dunia, ada sekitar 52 % pengguna internet di dunia yang menggunakan browser ini.

Menawarkan fitur Incognito yang secara berkala akan memperbaruhi informasi dari serangan malware serta phising yang dapat membuat aktifitas bermain internet tetap lancar.


Kekurangan:  Googel Chrome akan menyimpan data para penggunanya. Data ini kemudian dipakai Google untuk membuat profiling.

Karena data pengguna internet akan disimpan di server googel, sangat beresiko tercyduck mana kala kamu mengunjungi situs rahasia, deepweb.

Aplikasi Web Browser Safari

Safari browser yang diciptakan oleh si jenius Steve Jobs, Ceo Apple kala itu, mengklaim bahwa browsernya yang tercepat. Apple juga berbangga diri, dan dianggap mempunya nilai keren dimata penggunanya. Terutama pengguna iphone dan Ipad.

Safari memiliki fitur Smart Reader yang dapat menolak secara halus iklan-iklan mengganggu, supaya tidak tampil saat berselancar di dunia maya.

Kekurangan: sempat merilis versi yang ciamik untuk Windows, namun berhenti dukunganya pada tahun 2012. Hingga saat ini Safari tidak lagi pernah memperbaharui aplikasinya.

Akhirnya banyak pengguna yang membajak aplikasi ini, untuk memperbaiki pembaharuan yang tidak diberikan secara resmi.

Leave A Reply