Inilah 5 Cara Diet yang Terbukti Ampuh Menurunkan Berat Badan

0

Semenjak saya lulus SMA sekitar 5 tahun silam, saya tak pernah begitu mengurusi bobot badan yang semakin melebar. Biarkan sajalah bakal bagaimana jadinya.

Saat masa-masa SMA itu bisa dibilang saya dijuluki pria paling ateletis di kelas, waktu zaman SMA badan saya tak sebesar sekarang, ini. Dengan tinggi badan 175 CM dan berat 64 kilogram, wanita mana yang tidak kecantol dengan kegantengan yang saya miliki.

Namun belakangan, setelah saya lulus SMA, dan kemudian berkuliah bobot saya tiba-tiba tak terkontrol naik begitu saja. Pikirku cukup rancu ketika mendapati berat tubuhku yang telah mencapai 76 kilogram.


Ndilalah” saya malah dapat pacar yang menginginkan agar saya tetap gemuk, pacar saya memang mirip penjual daging ayam di pasar tradisional, sukanya yang gemuk-gemuk. Saya sanggupi permintaan itu walaupun cukup berat saya terima. Puji Tuhan tak disangka-sangka, akhirnya saya bisa lepas dari wanita penjual daging ayam itu, saya putus hubungan denganya kira-kira satu tahun yang lalu.

Setelah putus dengan pacar, dan tidak ada yang melarang untuk mengurangi berat badan. Mulailah saya memikirkan sejumlah angan-angan supaya body ku bisa mlenuk seperti sediakala. Saya begitu kebelet sekali mendapatkan tubuh six-pack seperti Aderai atau Cris Jhon. Dari situlah saya mulai serius mengambil ancang-ancang untuk melakukan program diet secara cepat.

Mulailah aku baca-baca majalah Femina, Horizon, dlsb. Yang banyak mengulas program kecantikan untuk cowo, bukanya dapat tips-tips diet yang sekiranya hemat di praktikan di kantong biar tak jebol. Saya malah dapat gambar iklan produk L-Men, yang  bikin pikiran membuncah untuk “menyusu”.


Beruntung saya menemukan beberapa teman saya yang berhasil melakukan dietnya hanya bermodal duit yang tak seberapa. Temanku memberikan tips tokcer yang saya sendiri telah membuktikanya. Berikut saya paparkan bagaimana cara diet yang terbukti tokcer.

  1. Diet dari Nasi

Salah satu teman saya yang kini telah sukses menjadi pengusaha konveksi di Jakarta Barat. Telah berhasil menggunakan diet metode seperti ini. Sebelum memulai bisnis konveksinya pada tahun 2009, teman saya sudah biasa sekali melakukan diet metode seperti ini. Ia menjelaskan panjang lebar kepada saya tentang keberhasilanya dalam menurunkan berat badan. Saya percaya saja, karena yang saya lihat dari penampakan tumbuhnya memang begitu atletis.

Mengurangi jumlah porsi nasi setiap makan  memang terbukti akan menurunkan berat badan dengan cepat. Dikarenakan nasi memiliki jumlah kalori yang banyak, yaitu sebesar 250 kalori. Pengurangan kalori ini membuat tubuh akan mencari sumber nutrisi alternatif lain yang kemudian di konversi menjadi lemak.

  1. Menyeimbangkan Nutrisi

Entah disebut apa diet ini, tapi yang jelas para pelaku diet harus dibiasakan hidup sehat, dan menyeimbangkan kadar nutrisi dalam setiap makanan, intinya seperti pembagian Angka Kecukupan Gizi berdasarkan pada Empat Sehat Lima Sempurna.


Karena nutrisi harus seimbang, para pelaku diet diharuskan untuk makan sayur, telor, minum jus, mengurangi gula, dan olahraga tapi tetap makan dengan nasi, tapi nasinya harus dikurangi.

Diet ini mengharuskan untuk sering-sering olahraga pagi, sarapan, makan sayur, minum jus, dan mengurangi asupan gula, tapi, masih makan nasi.

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama memang. Saya lihat dalam 2 bulan ada teman yang mempraktekan cara diet ini, berujung pada body nya yang malah tumbuh ke samping. Tapi setelah dua tahun lamanya, body yang tadinya cukup melebar berubah menjadi lebih atletis.

Kunci dari diet ini sebetulnya hanya kesabaran saja, mengingat prosesnya yang tidak lama dan cukup menyita waktu. Tapi demi menyenangkan pasanganmu, apa salahnya dicoba.


  1. Berpuasa dengan Teratur

Untuk diet yang satu ini tidak hanya mendapat tubuh yang ideal, tapi juga bisa dapat pahala. Yaitu dengan cara berpuasa.

Tak perlu menunggu ketetapan hisab, dan rukyah Kementerian Agama dalam menetapkan puasa Ramadhan. Kamu bisa memulainya langsung melalui puasa Senin, Kamis. Orang tua saya seringkali menyarankan saya untuk berpuasa supaya body menjadi ideal. Bahkan sepupu saya juga mengaku rutin melakukan puasa Daud atau yang biasa di sebut puasa Senin, Kamis ini.

Hasilnya, semenjak dulu sampai sekarang ia tidak pernah mendapat persoalan berat badan. Malahan pacarnya sendiri yang ia sering ceramahi untuk melakukan diet.

  1. Diet Makan Ati

Ini metode yang paling mujarab yang pernah saya lakukan sepanjang masa.  Diet makan hati mempunyai pengaruh menjadi tidak doyan makan, dan banyak mengeluarkan cairan berupa (nangis), jadi tak perlu berolahraga, dan mengurangi jumlah porsi makanan. Jika mau mencoba cara ini, sini saya buatkan kamu makan hati terlebih dahulu.

Leave A Reply