Asap, dan Kehidupan yang Tidak Sehat Hingga Pemberlakuan Bea Cukai Terhadap Vape

0

Tekanan bagi para pecandu asap di Indonesia agaknya, semakin bikin gundah galau merana bagi para pecintanya. Setelah minggu lalu produk rokok mengalami sejumlah kenaikan yang lumayan tinggi, kini giliran beberapa produk asap lainya termasuk Vape yang menjadi sasaran kementerian terkait, untuk segera dinaikan harga jualnya.

Kenaikan ini disebapkan oleh wacana pengketatan angka ketetapan rasio kesehatan di Indonesia yang akan ditinggikan, guna kelangsungan hidup sehat bebas dari buangan asap. Akibatnya sumber-sumber pendapatan negara yang sifatnya menghasilkan toksinitas (racun). Terutama berkaitan dengan percukaian, harganya juga akan dinaikan, terutama  akan dimulai pada tahun 2018 nanti.

Melalui Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan sudah mengetok palu bahwa harga Vape akan dinaikan dengan prosentase mencapai 57%, atau separo harga lebih Jumlah kenaikan harga Vape ini, tidaklah berbeda dengan kenaikan cukai rokok yang akan ditetapkan pada awal 2018 nanti.



Upaya ini dimaksudkan sebagai bentuk preventif Pemerintah Indonesia untuk menegakan keadilan perasapan bagi rakyat Indonesia, agar terbebas dari asap. Kalau mau lihat dengan teliti Vape memang memiliki kandungan bahan kimia jenis liquid atau essence yang termasuk bagian dari percukaian.

Kendati mengandung bahan yang cukup korosif untuk jangka waktu yang panjang, Vape tak kalah sepi peminat, setidaknya ada tren peningkatan penjualan luar biasa pada lima tahun terakhir.

Karena penggunanya semakin banyak inilah Vape, mulai banyak kritikan dari para pelangganya maupun institusi yang konsen pada isu perasapan. Maka banyak bermunculan wacana untuk memberlakukan pajak percukaian pada produk Vape, wacana ini semakin menguat karena dilatar belakangi oleh bahan vape berupa liquid yang didapatkan dari proses impor negara Amerika serta Malaysia. Puncaknya adalah ketokan palu secara final, oleh Dirjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan beberapa minggu yang lalu..

Kebijakan kenaikan harga pada Vape ini tentu saja mendapat komentar beragam dari para pengguna, dan Netizen khususnya, ada yang berkeluh kesah harganya naik, ada yang mengapresiasi langkah tersebut sebagai ide yang brilian untuk memerangi limbah asap. Memanglah kenaikan ini membuat dilema bagi para pengguna setia Vape. Maklum saja, karena jika cukai jadi diberlakukan, otomatis liquid pasti juga akan ikutan naik.


Namun uniknya, jika para pelanggan mengeluhkan kenaikan harga Vape, petinggi Vape justru terlihat adem ayem begitu saja, dari para pengusaha Vape justru mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memberlakukan percukaian terhadap setiap produknya itu sebagai bentuk perhatian pendistribusian.

Kalau demikian, mari ucapkan selamat atas ditetapkanya pajak percukaian kepada Vape. Buat pengguna juga selamat, karena bisa lebih sehat dan rajin olahraganya, termasuk olahraga “nabok” nyamuk. Kan lumayan bikin keringetan.

Baca Juga : Beton Instan Betomix Solusi Beton Berkualitas Praktis Ramah Lingkungan

Masih mendinglah kalau ketetapan kenaikan cukai disamakan produk rokok biasa, yaitu sekitar 57%. Lha jika ketatapan percukaian kepada Vape itu dihitung berdasarkan ngebulnya asapkan jadi tidak lucu, bisa-bisa perusahaan Vape bisa langsung bangkrut sekejap.

Sebetulnya masalah perasapan ini, tidak hanya milik Vape saja. Kalau kita menyadari perlunya hidup sehat bagi keberlangsungan alam raya, dan kepentingan berkepanjangan paru-parumu.

Kita perlu memulai hidup sehat, dengan menjauh dari pengaruh radikal bebas berupa asap, maupun sumber pencemaran lain. Setidaknya mulai sekarang dibiasakanlah, tidak membakar sampah organik, tetapi cukup ditimbun.

Pengelolaan sampah seperti ini bukan saja membantu melestarikan diversitas alam, tapi juga membawa segepok uang berceceran yang didapatkan dari pupuk kompos sampah organik.

Atau sekali-kali sajalah berpergian menggunakan sepeda, terutama jika jarak yang akan kamu tempuh lokasinya dekat. Manfaatnya bukan hanya menyehatkan badan, tapi kamu juga  telah berkontribusi, dalam mengurangi gas emisi buangan yang semakin mencemari bumi ini.

Search terms:

asap vape banyak

Leave A Reply