10 Tradisi Paling Unik di Dunia

0

Setiap daerah dan negara pasti mempunyai tradisi masing-masing. Tradisi itu sendiri merupakan sebuah budaya dari daerah tertentu yang berlangsung secara turun temurun semenjak jaman nenek moyang. Tradisi juga merupakan identitas dari suatu daerah. Biasanya tradisi memiliki makna dan manfaat yang mungkin hanya dipahami oleh daerah tersebut.

Dari berbagai macam tradisi yang ada di dunia, ternyata ada beberapa tradisi yang terbilang unik dan tak biasa, khususnya bagi orang Indonesia. Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa tradisi paling unik di dunia yang sebaiknya Anda ketahui. Apa saja kira-kira?

10 Tradisi Paling Unik di Dunia

  1. Kanamara Matsuri, Kawasaki

Kanamara Matsuri, KawasakiJepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak tradisi unik dan menarik. Salah satu tradisi unik dan tergolong aneh bagi kita adalah Kanamara Matsuri atau festival penis di Kawasaki. Kanamara Matsuri adalah sebuah festival Shinto yang dilaksanakan untuk menghormati kesuburan, mengumpulkan dana untuk penelitian HIV dan pencegahan penyakit seksual yang menular.

Kanamara Matsuri sendiri jika diterjemahkan memiliki arti “Big Iron Penis Lord”. Sehingga tak heran jika selama berlangsungnya festival Kanamara Matsuri, pengunjung dapat membeli berbagai macam pernak-pernik berbentuk penis. Tradisi yang unik ini selalu dirayakan di Kawasaki, Jepang, setiap minggu pertama bulan April.

  1. Sarung Tangan Semut, Amazon

Sarung Tangan Semut, AmazonSalah satu tradisi unik yang dilakukan oleh Suku Satere-Mare, Amazon ini bukan hanya aneh namun juga menyakitkan. Bagi anak lelaki yang sudah dianggap dewasa atau akil baliq, diharuskan untuk mengikuti ritual memakai sarung tangan berisi parponera clavara atau semut peluru.

Gigitan semut peluru bukan hanya terasa perih setengah mati, namun juga membuat bengkak yang akan memberi rasa gatal. Setelah tangan para lelaki tersebut dipasang dengan sarung tangan berisi satu koloni semut peluru, kepala suku akan mengajak mereka untuk menari dengan diiringi musik.

Tradisi unik ini dianggap mampu membuat para anak laki-laki menjadi lebih kuat. Mereka percaya jika racun semut peluru dapat menjadi antibodi, khususnya untuk bertahan hidup saat sedang berburu.


  1. Menginjak Tamu Undangan, Tahiti

Menginjak Tamu Undangan, TahitiBiasanya tamu undangan dalam pernikahan dijamu dengan berbagai hidangan lezat dan diperlakukan dengan istimewa. Namun, lain halnya dengan tradisi pernikahan di Tahiti, tepatnya di Kepulauan Marquesas.

Di dalam tradisi pernikahan yang unik ini, pada saat acara hampir selesai, tamu undangan diminta untuk berbaris memanjang kemudian tengkurap hingga pintu keluar. Lalu kedua mempelai akan menjadikan para tamu yang tengkurap tersebut sebagai jalan, sehingga mau tak mau mereka akan diinjak oleh kedua mempelai.

Baca Juga : 7 Manusia Dengan Kelainan Yang Aneh, Langka & Unik di Dunia

  1. Kuburan Langit, Tibet

Kuburan Langit, TibetPada dasarnya kontur tanah di Tibet merupakan pegunungan tinggi nan terjal dan hampir dipenuhi dengan batuan keras, sehingga tak memungkinkan untuk dijadikan sebagai pemakaman. Oleh karena itu, mereka menumbuk jasad orang meninggal sampai menjadi serpihan-serpihan.

Kemudian serpihan-serpihan jasad tersebut akan dibawa menuju ke tempat burung bangkai berkumpul. Sebenarnya proses penumbukan ini dilakukan untuk memudahkan burung bangkai dalam memakan jasad-jasad tersebut.

Maka, tak heran jika tradisi unik ini disebut ‘’Kuburan Langit” karena burung bangkai yang memakan jasad sering terbang tinggi di langit. Selain itu, tradisi unik ini dianggap dapat membuat roh si mayat kekal di gunung.

  1. Seppuku atau Harakiri, Jepang

Seppuku atau Harakiri, JepangSalah satu tradisi unik di dunia selanjutnya adalah harakiri atau juga dikenal dengan istilah seppuku. Harakiri merupakan tradisi kebanggaan orang Jepang. “Hara” berarti perut, sedangkan “kiru” berarti memotong sehingga harakiri adalah bunuh diri dengan cara merobek serta mengeluarkan isi perut.

Tradisi Harakiri dilakukan oleh para samurai berkelas sebagai bukti kesetiaan. Sebelum melakukan harakiri, samurai diharuskan untuk mandi, makan makanan kesukaan dan mengenakan jubah putih.

Samurai yang hendak melakukan harakiri juga ditemani oleh kaishakunin yang bertugas untuk mengambilkan pisau dan membuka kimono pelaku harakiri. Selain itu, kaishakunin juga bertugas mengurangi penderitaan pelaku harakiri dengan cara memenggal kepala si pelaku.

  1. Memanjangkan Telinga, Thailand

Memanjangkan Telinga, ThailandMemanjangkan telinga merupakan salah satu tradisi unik yang terdapat di Negara Thailand. Bahkan beberapa suku masih mempraktekkan tradisi ini. Tradisi memanjangkan telinga dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, menjauhkan diri dari gangguan makhluk halus dan membuat penampilan wanita semakin cantik.

Tak heran jika banyak wanita yang memanjangkan telinga agar terlihat cantik. Caranya adalah dengan menyematkan perhiasan-perhiasan berat pada telinga anak perempuan sejak berusia dini, sehingga perlahan daun telinga mereka akan memanjang. Bahkan saat dewasa, panjang telinga para wanita ini dapat mencapai 10 cm lebih.

  1. Menajamkan Gigi, Suku Mayam

Menajamkan Gigi, Suku MayamKecantikan wanita bagi Suku Mayam terlihat dari seberapa tajam gigi wanita tersebut. Tradisi unik ini dilakukan para wanita dengan cara memahat gigi-gigi mereka agar semakin tajam. Tentu saja, hal ini sangat menyakitkan.

Namun, menurut kepercayaan Suku Mayam, tradisi unik ini dapat menanggalkan cemburu, amarah dan perasaan negatif yang ada di dalam diri wanita. Selain itu, ritual menajamkan gigi ini juga akan menambah kehormatan wanita.

  1. Bibir Piring, Ethiopia

Bibir Piring, EthiopiaTradisi bibir piring dilakukan oleh beberapa suku di Sudan, Ethiopia, MesoAmerika, Afrika sampai hutan Amazon. Tradisi unik ini awalnya dilakukan dengan membuat lubang pada bibir, lalu benda akan dimasukan dalam lubang tersebut hingga bibir melebar.

Konon, status sosial seseorang akan terlihat dari seberapa lebar piring yang dimasukan dalam bibir. Namun, para arkeolog menemukan jika ukuran piring menentukan ukuran lebar bibir.


  1. Memahat Wajah, Sudan

Memahat Wajah, SudanSalah satu tradisi unik dan menyakitkan lainnya adalah memahat wajah yang dilakukan oleh Suku Dinka, Sudan. Biasanya anak lelaki dan perempuan akan ketakutan ketika melalui prosesi pemakuan wajah ini karena sang dukun akan memahat dahi mereka dengan pisau yang sudah dipanaskan.

Para anak lelaki dan perempuan tersebut juga dilarang untuk meringis ataupun menangis sepanjang prosesi. Bila melanggar hal tersebut, mereka bakal dipermalukan di hadapan masyarakat.

Tradisi ini akan meninggalkan bekas pahatan pada wajah khususnya dahi. Bahkan beberapa orang memahat bagian wajah yang lain. Tradisi memahat wajah merupakan penanda jika seorang anak telah beranjak dewasa dan siap menerima tanggung jawab yang besar bagi sukunya.

  1. Penyumbat Hidung, India

Penyumbat Hidung, IndiaMenurut Suku Apatani yang berada di Lembah Ziro, India Utara, memakai penyumbat pada hidung merupakan deskripsi dari wanita cantik. Mereka memasang penyumbat di lubang hidung, sehingga membuat bentuk hidung melebar. Tradisi unik ini dilakukan pada anak perempuan semenjak usia dini.

Biasanya bahan penyumbat yang digunakan terbuat dari kayu. Tak jarang juga, sebagian orang memasang penyumbat tersebut di telinga. Sampai saat ini, sudah ada 26.000 wanita yang melakukan salah satu tradisi unik di dunia ini.

Nah, itulah diatas 10 tradisi paling unik di dunia. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan bagi Anda.

Cari Tahu : Cat Lantai Epoxy – Keunggulan & Cara Aplikasi

Leave A Reply