Jenis Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

0

BukanRahasia.com – Otot dalam jantung merupakan organ yang paling penting dalam tubuh kita. Tubuh akan menjadi lemah apabila otot tersebut mengalami penurunan kinerja. Oleh karenanya, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan organ tersebut. Dan salah satunya dengan cara menjaga pola makan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan adalah langkah tepat mengurangi resiko buruk pada jantung.

Jenis Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

Penelitian sudah mengungkapkan bahwa lebih dari 70 persen kasus penyakit jantung dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Nah, buat anda yang belum tahu, berikut ini kami bagikan informasi mengenai berbagai jenis makanan sehat yang baik untuk jantung.

Baca Juga : Ciri-ciri Jantung Lemah dan Cara Mengobatinya

Inilah Berbagai Jenis Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

1. Ikan Salmon
Memiliki kandungan vitamin D yang paling banyak dibandingkan jenis ikan yang lain, Ikan salmon berperan dalam membantu sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja otak, Ikan Salmon juga merupakan salah satu sumber protein terbaik. Ikan jenis ini juga mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 berfungsi memperlancar aliran darah dan mampu melindungi pembuluh jantung.

2. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan kacang almond memiliki daya serat yang tinggi. Daya serat dihasilkan dari kandungan asam lemak omega 3 kacang-kacangan tersebut. Kandungan asam lemak omega 3 berperan untuk mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung.

3. Wortel
Merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang banyak dikonsumsi, wortel merupakan salah satu menu sehat yang direkomendasikan bagi penderita jantung. Sebuah penelitian di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi sekitar 7 ons wortel setiap hari secara rutin, kadar kolesterol dapat berkurang hingga 11%.

Baca Juga : Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

4. Teh Hijau
Penelitian dari Jepang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi lima cangkir teh hijau setiap hari akan mengurangi 75 persen resiko kematian akibat serangan stroke dan jantung. Mengkonsumsi teh hijau hendaknya diimbangi dengan memperbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan sistem kemih dapat berproses dengan lancar.

5. Bawang Putih
Penderita penyakit jantung sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi garam. Oleh karena semakin banyak mengkonsumsi garam, maka semakin tinggi pula resiko terserang tekanan darah tinggi yang menyebabkan munculnya penyakit jantung. Bawang putih dapat dijadikan pengganti garam untuk menciptakan rasa gurih pada masakan.

6. Apel
Banyak mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Apel berperan membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi kolesterol jahat pada tubuh, Buah Apel juga memiliki senyawa lain yaitu pectin dan quertin. Kedua senyawa tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Quertin merupakan senyawa yang dapat mencegah asam dan pembengkakan pada jantung. Sementara pektin ialah serat larut yang mampu menurunkan kadar gula darah.

7. Coklat Hitam
Jenis coklat ini berperan mampu mengontrol tekanan darah. Kandungan flanol dalam coklat hitam juga bermanfaat dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

8. Yogurt atau susu rendah lemak
Kandungan potassium dalam Yogurt mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, Yogurt juga mengandung unsur isolflavon organik yang berperan untuk memperlancar peredaran darah.

9. Jeruk
Buah Jeruk Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk berperan mampu melindungi tubuh dari serangan stroke. Jeruk juga mengandung hesperidin yang bermanfaat melancarkan aliran darah ke jantung.

Baca Juga : Mengenal ISPA : Infeksi Saluran Pernafasan Akut Yang Bisa Mengancam Nyawa

Demikianlah ulasan mengenai beragam jenis makanan terbaik untuk jantung Anda. Mengkonsumsi makanan yang sehat hendaknya disertai juga dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena pola hidup yang sehat otomatis akan menjaga jantung berada pada kondisi terbaiknya. Salam sehat.

Leave A Reply