Ciri-ciri Jantung Lemah dan Cara Mengobatinya

1

Bukanrahasia.com – Jantung Merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, jantung memiliki fungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Apabila kinerja jantung tidak berjalan secara maksimal bisa dibayangkan apa yang akan terjadi?

Biasanya, pada banyak kasus, jantung tidak normal disebabkan oleh adanya kerusakan organ tertentu di dalam jantung. Dan kerusakan tersebut berpotensi menjadi penyebab jantung melemah.

Baca Juga : Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

Ciri-ciri Jantung Lemah dan Cara Pengobatannya

Ciri-ciri Jantung Lemah

Perlu pemahaman yang tepat mengenai indikasi dari keluhan jantung lemah ini, untuk itu berikut ini kami bagikan ciri-ciri jantung lemah yang akurat.

1. Tubuh Cepat Mengalami Kelelahan
Ditandai dengan melemahnya kondisi tubuh saat beraktivitas, daya tahan tubuh menjadi tidak bisa bekerja secara optimal. Kondisi tersebut merupakan gejala awal jantung Anda lemah.

2. Mengalami Sesak Nafas
Sesak nafas termasuk salah satu gejala penyakit jantung lemah. Apabila Anda sering mengalami sesak nafas dan kelelahan saat melakukan kegiatan yang tidak terlalu berat, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter atau tim medis Anda. Pada penderita lemah jantung, sesak nafas tejadi akibat darah masuk kembali ke organ tubuh yang berperan menampung oksigen dari paru-paru ke jantung.

3. Mengalami Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh
Batuk parah adalah kondisi dimana jantung mengalami permasalahan yang sangat serius. Merupakan organ tubuh yang berperan dalam memompa darah, jantung juga dapat mengalami penurunan kinerja akibat penumpukan cairan di paru-paru.

4. Jantung Berdebar
Jantung berdebar akibat detak jantung tidak teratur adalah gejala umum yang dialami penderita lemah jantung. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan kecepatan detak jantung untuk menyeimbangkan kurangnya kemampuan jantung dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Reaksi rasa cemas pada penderita jantung lemah desebabkan oleh detak jantung yang cepat tersebut.

Baca Juga : Mengenal ISPA : Infeksi Saluran Pernafasan Akut Yang Bisa Mengancam Nyawa

5. Berat Badan Menurun Drastis
Berat badan yang menurun drastis juga merupakan gejala awal yang dialami penderita jantung lemah. Disebabkan oleh asupan makanan yang tidak dapat diterima oleh tubuh otomatis system pencernaan juga tidak memperoleh pasokan darah yang berkeja secara maksimal.

6. Nafsu Makan Berkurang
Gejala awal penderita jantung lemah ialah rasa mual sebelum mengkonsumsi makanan. Hal tersebut disebabkan system pencernaan tubuh dan hati tidak memperoleh pasokan darah bersih sehingga muncul rasa mual yang berlebihan di dalam tubuh.

7. Mengalami Pembengkakan Tubuh
Penderita jantung lemah mengalami pembengkakan pada tubuh bagian tertentu. Umumnya, pembengkakan terjadi di pergelangan tangan dan kaki. Kondisi tersebut dikarenakan aliran darah menuju bagian ginjal tidak mengalir secara normal.

8. Menurunnya Daya Ingat
Daya ingat penderita lemah jantung menurun akibat gangguan fungsi otak. Hal tersebut dikarenakan darah tidak mengalir secara benar ke otak.

Cara Mengobati Jantung lemah

Selain dengan pengobatan medis, untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya lakukan cara berikut ini :

1. Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Memacu Darah Tinggi
Anda dapat terhindar dari penyakit jantung lemah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat pemacu darah tinggi. Zat tersebut menyebabkan peningkatan pasokan aliran darah yang lebih cepat. Akibatnya jantung akan lebih keras bekerja, kemampuan otot jantung pun menjadi semakin berat.

2. Mengurangi garam
Penderita jantung lemah sebaiknya juga mengurangi makanan yang mengandung banyak garam. Zat garam menyebabkan tekanan darah tinggi dan berbahaya bagi jantung.

3. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi
Zat besi dapat berperan dalam meningkatkan asupan sel darah merah dalam tubuh kita. Dengan sel darah merah yang cukup, jantung akan bekerja secara maksimal dalam mengalirkan oksigen ke dalam tubuh.

4. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup adalah salah satu upaya untuk mengurangi beban kerja jantung. Jika Anda memiliki kualitas tidur yang baik jantung akan menjadi sehat.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri jantung lemah dan cara mengobati. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat

Search terms:

Www ciricirijantung com

1 Comment

Leave A Reply