Ternyata Tak Cuma Ampuh Tangkal Flu, Ini Dia 10 Manfaat Lain Vitamin C

1

Bukanrahasia.com – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang penting bagi kesehatan. Keberadaan vitamin C yang bersifat antioksidan dapat melindungi sel dari ragam kerusakan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, penasaran apa saja  kegunaan vitamin C bagi tubuh kita? berikut ulasan lengkap 10 kegunaan vitamin C untuk tubuh kita.

Ternyata Tak Cuma Ampuh Tangkal Flu, Ini Dia 10 Manfaat Lain Vitamin C
1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Vitamin C dapat menurunkan resiko terkena melanoma atau kanker kulit. Hal ini dapat terjadi karena vitamin C mampu melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

Baca Juga : Manfaat Bekicot Sebagai Obat Mujarab

2. Mengurangi peradangan

Manfaat lain dari vitamin C adalah untuk mengurangi terjadinya peradangan. Peradangan dapat terjadi atas reaksi tubuh pada stres, ataupun radikal bebas. Mengonsumsi vitamin C secara cukup, membantu tubuh dalam melawan radikal bebas sekaligus menyembuhkannya dari peradangan.

3. Menyembuhkan penyakit kanker

Manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah untuk menyembuhkan penyakit kanker. Vitamin C memiliki infus intravena yang berguna dalam meningkatkan efek kemoterapi pada sel kanker terlebih pada jenis kanker pankreas. Terdapat pula penelitian yang menyebutkan jika vitamin C bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup dari pasien kanker.

4. Membantu menurunkan berat badan berlebih

Berat badan berlebih tentu sangat menyebalkan. Karena bukan hanya menggangu penampilan, berat badan berlebih juga meningkatkan beragam resiko terjangkitnya penyakit. Dalam menurunkan berat badan, anda bisa mengonsumsi vitamin C secara rutin agar hasilnya juga lebih maksimal.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Selulit Dengan Cara Alami

Konsumsi vitamin C mampu membakar tiga puluh persen lebih banyak lemak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Tidak heran mengingat, vitamin yang satu ini bermanfaat dalam mengatur oksidasi lemak untuk menurunkan berat badan berlebih.

5. Meningkatkan mood

Mereka yang kekurangan vitamin C dapat berakibat pada mood yang tidak stabil. Tidak heran jika kemudian seseorang merasa lebih mudah gelisah dan khawatir.

6. Mencegah gangguan naiknya tekanan darah

Manfaat lain dari vitamin C adalah mencegah naiknya tekanan darah dan menstabilkannya. Dengan tingkat darah yang stabil maka resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, anemia hingga penyakit stroke pun dapat berkurang.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Berbicara mengenai kesehatan mata, banyak orang yang mengaitkannya dengan vitamin A. Namun nyatanya bukan hanya vitamin A saja yang bagus untuk mata melainkan juga vitamin C. Konsumsi vitamin C mampu mencegah terjadinya mata katarak ataupun jenis penyakit mata yang lain seperti tumor mata dan rabun.

8. Mengurangi terjadinya komplikasi pilek

Meski vitamin C tidak dapat menyembuhkan pilek secara langsung, namun konsumsi jenis vitamin ini mampu mencegah datangnya komplikasi serius akibat pilek. Alhasil pilek kronis yang beresiko mendatangnya infeksi paru-paru juga dapat dihindarkan.

9. Mencegah penyakit stroke

Banyak orang belum tahu jika vitamin C memiliki kaitan positif dalam mencegah terjadinya penyakit stroke. Sebuah penelitian menyebutkan jika kandungan vitamin C yang cukup dalam darah, mampu menekan empat hingga dua puluh persen lebih rendah seseorang terserang penyakit stroke.

10. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit berbahaya yang mematikan. Vitamin C sendiri dapat diandalkan dalam mencegah terjadinya serangan jantung. Saat vitamin C dalam tubuh meningkat atau stabil, maka pembuluh darah pada arteri tidak akan mengalami penebalan dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

Penebalan pembuluh darah dalam arteri merupakan penyebab utama dari serangan jantung.
Vitamin C merupakan jenis vitamin penting bagi kesehatan tubuh. Untuk mencukupinya, ada bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayuran setiap hari.

Baca Juga : Cara Mendiagnosis Penyakit Melalui Lidah

1 Comment

Leave A Reply