Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

234 views

Bukanrahasia.com – Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Menduduki peringkat pertama penyebab terjadinya kematian di Indonesia, penyakit ini sering dialami oleh penderita kelainan jantung. Namun demikian, setiap orang juga berpotensi mengalami serangan jantung akibat pola hidup yang tidak sehat, kondisi tubuh yang menurun dan tekanan emosi yang tidak stabil.

Kurang istirahat, mengkonsumsi makanan yang instan dan mengandung zat kimia, kurang olahraga dan  kurang istirahat adalah hal-hal lain pemicu munculnya serangan jantung. Perlu langkah pertolongan medis yang tepat untuk menolong penderita serangan jantung mendadak.

Bagaimana Gejala Serangan Jantung Mendadak?

Sebelum memahami bagaimana cara menolong penderita serangan jantung mendadak, terlebih dahulu kita perlu mengetahui bagaimana gejala penyakit tersebut. Gejala awal seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak adalah:

  • Rasa sakit dan tekanan yang sangat kuat di bagian dada.
  • Oleh karena kekurangan oksigen dalam tubuh dan mengalami tekanan yang sangat kuat di bagian dada, penderita mengalami kesulitan dalam bernafas.
  • Munculnya rasa sakit selama beberapa menit sebelum terjadinya serangan jantung di tubuh bagian dada, punggung, lengan, perut dan rahang.
  • Keluarnya keringat dingin pada telapak tangan dan kaki.
  • Pada penderita wanita biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah.
  • Sering merasakan kesemutan pada beberapa bagian tubuh yaitu lengan kiri/kanan mulai kehilangan rasa / mati rasa.
  • Penderita serangan jantung dapat mudah terjatuh akibat daya tahan tubuh yang melemah.

 Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak yang Benar

Apabila Anda menemukan seseorang yang mengalami gejala tersebut sebaiknya bersiaplah memberikan pertolongan. Langkah-langkah yang tepat dalam memberikan pertolongan pada penderita serangan jantung mendadak ialah:

  • Menenangkan penderita serangan jantung

Saat akan memberikan pertolongan pada penderita serangan jantung sebaiknya Anda tetap tenang dan tidak panik. Andapun harus berusaha menenangkan penderita agar tenang dan rileks. Apabila penderita sedang dalam keadaan berdiri, Anda dapat mencarikan tempat duduk agar penderita dapat duduk dengan tenang dan nyaman.

  • Melonggarkan pakaian

Agar penderita dapat bernafas lebih nyaman dan leluasa, Anda dapat membantu melepaskan kancing baju dan ikat pinggang penderita.

  • Menanyakan obat yang dibawa

Penderita kelainan jantung terbiasa membawa obat untuk  mengobati serangan jantung yang dialami. Apabila penderita serangan jantung yang Anda tolong memang penderita kelainan jantung, biasanya mereka sudah membawa obat tersebut. Jikalau penderita tidak membawa obat, segera  hubungi tim medis dan keluarga terdekat penderita serangan jantung tersebut.

  • Memberikan nafas bantuan

Apabila dalam kondisi darurat dan jauh dari lokasi tim medis Anda dapat membantu dengan memberikan nafas bantuan. Memberikan nafas bantuan dapat Anda lakukan apabila penderita serangan jantung mengalami kehilangan kesadaran. Nafas bantuan diberikan dengan hitungan beberapa detik sambil melakukan beberapa penekanan di bagian dada.

Serangan jantung mengakibatkan rusaknya otot jantung secara permanen. Oleh karenanya, penderita serangan jantung dianjurkan mengkonsumsi obat sesuai petunjuk dokter. Selain itu, obat tersebut juga wajib dibawa kemanapun pergi untuk mengatasi terjadinya serangan jantung.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit jantung adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Rajin berolahraga dan mengkonsumsi makan-makanan sehat akan membantu kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya dan mematikan. Demikianlah ulasan mengenai cara menolong penderita serangan jantung mendadak yang benar, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. [**]

DMCA.com Protection Status

Leave a reply