Ini 10 Penyebab Rusaknya Ginjal

0
+BukanRahasia.com – Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya melalui urine/air seni.

Peran ginjal sangat penting dalam kelangsungan kehidupan seseorang, selain sebagai penyaring darah, ginjal juga berperan sebagai pengektrasi (Mengeluarkan) Zat-zat berbahaya dalam darah, Mempertahankan keseimbangan Kadar Asam dan Basa dari cairan tubuh, Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah, Memproduksi hormon untuk merangsang peningkatan sel darah merah dan mengatur tekanan darah, serta masih banyak fungsi vital ginjal yang berhubungan langsung dengan sistem perdaran darah.

Jika seseorang hidup tanpa ginjal, maka ia akan mengalami komplikasi penyakit dan menyebabkan keracunan bahkan kematian, maka selagi ginjal kita berfungsi dengan baik, maka jagalah dengan menghindari penyebab terjadinya kerusakan ginjal. Berikut ini adalah 10 penyebab terjadinya kerusakan ginjal yang harus anda ketahui :
  1. Alkohol : Selain dapat merusak hati, alkohol juga dapat merusak ginjal. 
  2. Rokok : Rokok dapat mengakibatkan gangguan sirkulasi darah. Akibatnya, fungsi ginjal pun akan terganggu.
  3. Kurang tidur : Kurang tidur akan menyebabkan kekurangan cairan dan mengganggu metabolisme tubuh, mengakibatkan sistem kerja ginjal semakin berat.
  4. Mengonsumsi obat dalam jangka panjang : Berbagai jenis obat khususnya obat penahan sakit, berefek samping pada peningkatan sistem kerja ginjal sehingga ginjal bekerja sangat keras
  5. Soda : Minuman bersoda memiliki kandungan kadar asam fosfat yang tinggi yang dapat menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal.
  6. Menahan Kencing : Saat seseorang menahan kecing, maka kandungan kemih menjadi tertekan dan fungsi ginjal akan terganggu
  7. Kurang minum air putih : Kekurang air dapat menyebabkan penumpukan racun dalam darah, sehingga menggangu fungsi ginjal.
  8. Kurang gerak : Kurang gerak dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu, sehingga menghambat kerja ginjal
  9. Kelebihan garam : Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi terlalu banyak garam menyebabkan ginjal kesulitan membuang garam sehingga kerja ginjal semakin berat.
  10. Kelebihan protein : Asupan protein dalam jumlah besar dapat menyababkan ginja bekerja sangat keras.
Original Content By : Bukan Rahasia

Leave A Reply