Ritual Ikipalin, Tradisi Potong Jari ala Suku Dani, Papua

179 views
+BukanRahasia.com – Ikipalin adalah sebuah tradisi memotong jari yang dilakukan oleh suku Dani, Papua, sebagai simbol rasa kesakitan atau kesedihan karena ditinggalkan oleh salah satu anggota keluarga. 
Pada jaman dahulu tradisi ekstrim Ikipalin adalah suatu keharusan yang dilakukan bagi mereka yang baru saja ditinggalkan oleh sanak keluarganya karena meninggal dunia, Bagi suku Dani, jari adalah symbol sebuah kerukunan, kebersatuan dan kekuatan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga yang satu sama lainnya saling melengkapi sebagai suatu harmonisasi hidup dan kehidupan.
Bagi mereka, kebersamaan sangatlah penting, hanya luka dan darah yang tersisa, Pedih-perih yang meliputi suasana, Luka hati orang yang ditinggal mati anggota keluarga baru sembuh jika luka di jari sudah sembuh dan tidak terasa sakit lagi. 
Bagi suku Dani yang tinggal di pegunungan Papua Tengah, mereka memegang kukuh pedoman dasar hidup mereka yaitu “Wene opakima dapulik welaikarek mekehasik” yang artinya kebersamaan dalam satu keluarga, satu fam/marga, satu honai (rumah), satu suku, satu leluhur, satu bahasa, satu sejarah atau asal-muasal.
Tradisi pemotongan jari Suku Dani pada umumnya dilakukan oleh seorang ibu namun dalam suasana lain bisa juga oleh anggota keluarga dari orang tua keluarga laki-laki atau perempuan yang meninggal. Namun jika yang meninggal adalah istri yang tak memiliki orang tua, maka sang suami yang akan menanggungnya. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan agama, tradisi Ikipalin sudah mulai jarang dilakukan.
Original Content By : Bukan Rahasia
DMCA.com Protection Status

Leave a reply